Kisah Tentang Persahabatan yang Retak

Image

Judul Buku : Eclairs : Pagi Terakhir Di Rusia
Author : Prisca Primasari
Tahun Terbit : 2011
Penerbit : GagasMedia


Kay Olivier, Sergei Snegov, Stepanych Snegov, dan Lhiver Olivier sudah bersahabat sejak mereka kecil. Kay dan Lhiver adalah kakak beradik. Begitu juga dengan Sergei dan Stepanych. Keluarga mereka begitu dekat. Bagi Stepanych, patissier adalah passion-nya, Kay mencintai dunia fotografer, Lhiver terhadap sastra dan filsafat, sedangkan Sergei sangat fleksibel (Ia suka apa saja).

Suatu hari di pemakaman teman ayahnya, Sergei melihat seorang perempuan sangat cantik dengan mata azurenya menunduk diam di balik kerudungnya. Tidak, ia tidak menangis. Sergei menghampiri wanita itu. Ia berbincang-bincang sedikit dengan wanita itu yang ternyata bernama Ekaterina (Katya), putri dari alhamarhum teman ayahnya.

Lalu, Sergei menawari eclairs untuk Katya

Katya : Kau tidak takut berteman denganku? Mereka semua bisa membunuhmu! Dulu temanku banyak karena aku bangsawan. Sekarang semua menjauhiku karena aku membawa keburukan bagi mereka…
Sergei : Tidak, aku tidak takut berteman denganmu. Makanlah…

Sergei memberikan ecalirsnya, Katya menerimanya. Pengawal-pengawal bertubuh tegap menahannya

Pengawal : Nona, jangan kau makan eclairs itu. Bisa saja dia meracunimu!

***

Rusia, Beberapa tahun kemudian…

Singkat cerita, 10 hari menjelang pernikahan Sergei dan Katya, sakit Stepanych bertambah parah. Dia selalu menyebut-nyebut nama Kay dan Lhiver

Katya merasa iba melihat calon adik iparnya dengan kondisi seperti itu. Ia memutuskan untuk menjemput Kay di New York dan Lhiver di Indonesia. Meskipun itu berat, tapi Katya tau ia akan berhasil. Walaupun, Katya tau Lhiver masih membencinya karena kasus 2 tahun lalu.
Kasus yang merenggut nyawa Aoife, anak angkat Lhiver dan orangtua Kay.. Kasus yang membuat Lhiver membenci semua sahabat-sahabatnya termasuk kakaknya sendiri..
Kasus yang membuat Katya berhenti makan eclairs..
Kasus yang membuat Stepanych sakit keras..

***

Siapa Katya sebenarnya? Apa hubungannya dengan Romanov. dinasti terakhir Kerajaan Rusia?

Apa penyakit yang diderita Stepanych? Akankah ia mati karena penyakitnya?

Apakah Lhiver sudi memaafkan sahabat-sahabatnya meskipun ia harus menelan pahit atas tragedi 2 tahun lalu?

Dan…
Kasus itu…
Kasus yang menyebabkan semuanya hancur…
Eclairs…

***
3 jam saya membaca buku ini 
Fiuh!
Dada saya sesak setiap membuka lembar demi lembar halaman bukunya. Menantikan kejutan dan cerita apa lagi yang akan disajikan penulis. Jujur, awalnya saya sempat underestimate dengan buku ini. Saya pikir akan sama halnya dengan roman-roman yang lain, ya, sedikit picisan. Cover depan buku didesain sangat masa kini. Namun sayang, di cover bagian belakang tidak disajikan sinopsisnya, tetapi semacam sajak yang -jujur- kurang saya pahami maksudnya.

Alur yang dipaparkan maju-mundur. Kadang flashback yang agak panjang, namun kembali lagi ke masa depan dengan dinamis.

Latar belakang berada di 3 negara. Indonesia (Surabaya), Rusia, dan Perancis (Paris). Sangat klasik, menurut saya. Diselipkan pula sedikit suasana musisi klasik Rusia semisal Tchaikovsky dan Rochmaninoff (secara pribadi, saya suka keduanya ^_^ that’s what makes me tenggelam lebih dalam ke dalam cerita).

Ohya! Tokoh-tokohnya pun dikisahkan dengan pemeran bule. Jadi bayangkan sendiri ya bentuk wajah dan postur tubuhnya yang tidak biasa. Hehe. Sudut pandang yang digunakan yaitu penulis serba tahu, dengan gaya bahasa sesuai EYD.

Secara keseluruhan oke. Tidak pasaran tapi agak lebay terutama bagian musuh-musuhan yang membuat persahabatan mereka putus tiba-tiba. Kayak gimana lebaynya? Baca saja! 

Sisi menarik dari buku ini ada 1 bab cerita detektif yang diselipkan (buat saya itu nilai plus!  ), karakter-karakter yang unik dan tidak biasa, romantisme yang sangat dewasa (tidak ABG-minded), tips membuat eclairs (yummy) dan tokoh utama wanitanya dihubung-hubungkan dengan Rasputin! (siapa Rasputin? monggo search di google  )

Rate 4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s