Mending Pacaran Sama Anjing atau Sama Cowok?!

Image

Judul Asli : Macarin Anjing

Penulis : Christian Simamora

Penerbit : Gagas Media

Rate : 2/5

Cerita percintaan anak remaja SMA biasa yang masih labil dan doyan galau. Tidak ada twist yang memuaskan. Sangat bisa ditebak jalan ceritanya. Okay, the story goes…

Mengisahkan tentang Libby (Liberache) seorang remaja putri bersama dengan dua orang sahabatnya bernama Bianca dan Miata. Ketiganya sudah bersahabat sejak lama. Mereka bertiga memiliki problem yang sama : pernah dipermainkan sama cowok. Dimulai dari Libby yang punya pengalaman buruk dengan mantan pacarnya bernama Dogma yang doyan selingkuh, Libby mewanti-wanti kedua temannya ini agar waspada sama cowok. Sayangnya, cinta terlanjur membutakan mata Bianca dan Miata.

Bianca punya pacar bernama Nariano. Cowok ganteng, jago basket, tapi sayangnya ga punya otak. Pemakai narkoba, hampir ga naik kelas, berandal kelas akut deh. Berbanding terbalik sama Bianca, cewek pintar, cantik, baik hati, dan berisi (otaknya). Bianca sayang banget sama Nariano bahkan saat teman-temannya meyakinkan kalau Nariano itu ga pentes buat BIanca, dia tetap berikukuh untuk terus jadi pacar Nariano. Sampai akhirnya, Bianca sadar, saat Nariano teler akibat narkoba yang dikonsumsinya dan memukul wajah Bianca. Sejak saat itu dia menutup pintu hatinya untuk Nariano selama-lamanya.

Miata itu ibarat Ladya Cheryl di film Ada Apa Dengan Cinta. Kalem. Dia menyukai satu cowok, namanya Saul. Sayangnya, cinta Miata bertepuk sebelah tangan. Saul hanyalah seorang pemain basket biasa yang menganggap Miata teman sekaligue fans. Gak lebih. Miata kecewa, padahal selama ini dia selalu ada untuk Saul. Herannya, meskipun Miata tahu Saul ga ada perasaan apa-apa terhadapnya, Miata masih sudi lho menonton pertandingan basketnya Saul. Fiuh, cinta… cinta…

Libby, adalah tokoh utama di novel ini. Setelah putus dengan Dogma, Libby bertemu tanpa sengaja dengan Nico, yang tak lain tak bukan adalah sahabat baiknya Dogma. Awalnya, Libby berpikir Nico akan sama saja dengan Dogma. Ternyata Libby salah. Nico sangat berbeda. Tapi… kok Nico deket banget sama Brittany yah? Adik kelas Libby yang blasteran itu. Wah, ternyata Nico sama aja kayak Dogma! Grrr!

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman di sekitarnya, Libby berniat menulis list panjang kenapa cowok itu ga lebih baik daripada anjing. That’s why judulnya Macarin Anjing.

***

Ada hubungan apa sebenernya Brittany dengan Nico?
Kenapa Libby lebih memilih buat pacaran sama anjing aja daripada sama cowok? Apa sih pembandingnya?
Berarti Libby jadi anti cowok dong?
Yah, pokoknya baca aja!

Yang unik dari novel ini adalah penamaan tokoh-tokohnya yang ‘beda’. Seeperti misalnya : Nariano (kenapa ga naribalet?), Lieben, Miata (untung bukan miayam), Saul (tadinya mungkin Raul kali yak, dan masih banyak lagi nama-nama unik di dalamnya. Sayang sekali sampai saya tiba di akhir cerita, tidak ada ending yang mengejutkan. Semua serba standar. Meskipun begitu, seorang Christian Simamora sukses menambah pengetahuan pembacanya melalui footnote dan sudut pandang yang apik dalam memaparkan isi cerita.

Overall, buku ini termasuk jenis buku ringan yang mungkin disukai remaja jaman sekarang. Bahasanya ringan dan ga perlu mikir. Namun dengan berat hati, saya hanya memberi 2 dari 5 bintang yang saya punya. Terlalu datar dan typical sih.

One thought on “Mending Pacaran Sama Anjing atau Sama Cowok?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s