Yang Baru Dari Adhitya Mulya

Judul Asli : Catatan Mahasiswa Ganteng Gila

Penulis : Adhitya Mulya

Penerbit : Republika

Tahun Terbit : 2011

Rate : 3/5

Hari di mana gw membeli buku ini adalah hari di mana gw menghabiskan buku ini. Nggak lain dan nggak bukan adalah karena gw penasaran tentang bagaimana sih kehidupan Mas Adhit (jika boleh dipanggil begitu) di kampus. Well, gw yang sudah doyan baca buku doi dari jaman sekolah pun masih nggak tahu kalau doi ternyata lulusan Teknik Sipil ITB. Nah, cerita yang disajikan di buku ini tentu saja tentang lika-liku hidupnya di dunia perkuliahan.

Banyak hal-hal yang dituangkan dalam buku ini. Yang paling gw inget adalah soal (ehem) cewek. Kisah-kisah Mas Adhit dengan cewek-cewek sipil (bikin gw gak habis pikir, kenapa cowok sipil masih cari cewek spil juga?). Lalu, ada kisah mengharukan saat Mas Adhit, katakanlah, mengabdikan dirinya sebagai pengajar dan juga orang tua asuh, mencoba menjadi wiraswasta dengan berjualan kambing kurban bersama teman-temannya (yang mana doi nggak punya modal apa-apa selain nekat!), kenakalan-kenakalan mahasiswa, dan kisah-kisah seru lainnya.

Secara kebetulan, gw anak teknik sipil juga. Jadi, otomatis gw mengerti banget segala istilah dan tetek bengek nasib mahasiswa sipil, termasuk saat menghadapi KP (Kerja Proyek) dan TA (Tugas Akhir). Sayangnya, saat gw memposisikan diri gw bukan sebagai mahasiswa sipil, gw yakin gw akan sedikit terganggu dengan banyaknya istilah teknik sipil dalam buku ini.

Setiap jeda antar bab, Mas Adhit memasukkan teori-teori pribadinya tentang segala macam dunia perkuliahan. Jujur, gw nggak terlalu fokus membacanya, karena menurut gw hal tersebut tidak menjadi bagian penting dalam isi buku secara keseluruhan, tetapi hanya sebagai lampiran saja. Buku ini juga terlihat kurang berkonsep (jika boleh gw bandingkan dengan buku personal literature lainnya).

Berbeda dengan buku-buku Mas Adhit yang pernah gw baca sebelumnya, buku ini terkesan lebih serius dan gw melihat sisi Mas Adhit yang lain (sedikit celetukan humor, dengan gaya berpikir dewasa) dalam buku ini. Actually, baca buku ini membuat gw seakan-akan sedang berkaca pada diri gw sendiri. Persis! Bagaimana Mas Adhit dkk kesulitan mencari tempat KP, partner KP, pembimbing KP. Begitu pun dengan TA. Gw banget.

Last but not least, dalam buku ini tersisip beberapa kisah yang menginspirasi hidup gw yang gw nggak pernah kira bahwa Mas Adhit akan menulis kisah sejenis itu. Tetap dengan humor gaya Adhitya Mulya yang cerdas dan menggelitik.

2 thoughts on “Yang Baru Dari Adhitya Mulya

  1. agak sedikit kaget pas pertama kali baca ternyata ini semacam biografi, kirain murni fiksi kaya gege mencari cinta yang bikin gw nari perut saking lucunya..dan karena gw bukan anak teknik sipil, jadi rada bosan bacanya :d
    tp gw setuju, bahwa ada beberapa kisah yang menginspirasi, dan bikin mata gw jadi hangat😮
    tp yg paling ganggu itu pas bagian diagram itu, harusnya di print warna, tp karena B/W jadi agak bingung bedain warna yg 1 dgn yg lainnya..
    dan yg cukup surpirse, gw beli di gramed, pas gw buka ternyata di dalemnya ada tanda tangannya mas adhit..ga tau apa semua kaya gitu apa enggak..
    punyamu ada juga gak sel

    • kalo aku, karena judunya aja udah “catatan” maka aku pikir ini semacam bukunya raditya dika yg pertama itu loh

      iya, yg pas bagian diagram. itu juga aku jelasin di atas kalo hal itu agak mengganggu padahal gak ngaruh2 amat sama isi buku keseluruhan

      weleh aku pas beli itu di IBF pas ada mas adhitnya langsung jadi aku sekalian minta TTDnya. huah beruntung sekali ms iwan ini… :))

      eniwei, sebentar lagi akan ada buku baru dari doi judulnya “mencoba sukses”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s