Yang Terlihat Baik, Belum Tentu Baik

Gambar

Judul Buku : Dua Sisi Susi

Penulis : Donatus A. Nugroho dkk

Penerbit : Nikko Publishing

Tahun Terbit : 2012

 Rate :3/5

 

Yap! Setuju kan dengan statement di atas? Seorang perempuan yang sekilas terlihat pendiam ternyata bisa tega membunuh siapa saja. Atau seorang anak yang selama 20 tahun disiksa ayahnya selau diam dan tidak melawan namun pada akhirnya ternyata ia mampu berontak dan kemudian membunuh ayahnya sendiri?

Jangan salah, ini kumcer lho. Temanya tentang seorang Susi yang mempunyai sisi hitam dan putih. Ya, di buku ini terdapat 21 cerita dari 21 penulis muda dan berbakat. Masing-masing penulis menggunakan nama Susi sebagai tokoh utama di setiap ceritanya. Ada yang menceritakan Susi dengan grup bandnya yang rela membunuh temannya sendiri demi menjadi vokalis di band itu. Atau Susi yang setiap hari hanya mengintip dari lubang kunci pintu, memastikan anaknya sudah makan atau belum (ia tidak bisa melakukan dengan normal selayaknya para ibu lain karena dia ternyata sudah jadi kunti). Atau Susi yang suka petualangan dengan hantu sampai suatu saat dimintai tolong oleh sang hantu untuk mengungkap kasus kematian sebenarnya si hantu tersebut. Satu tema, banyak cerita. Meskipun begitu, setiap cerita dalam buku ini punya keunikan tersendiri yang selalu membuat saya berdecak kagum. Dijamin tidak akan membosankan. Selain itu juga di beberapa cerita juga dituliskan hal-hal semacam klenik di beberapa daerah di Indonesia.

Dan seperti khas cerita misteri lainnya, terkadang ending cerita membuat pembaca berpikir dan meraba-raba sendiri maksud dari cerita itu. Walaupun ada juga beberapa cerita yang sangat mudah ditebak akhir ceritanya. Ada juga penulis yang menceritakan suatu proses kematian dengan detail. Seperti mendeskripsikan bagaimana pisaunya menembus organ tubuhnya sehingga kemudian mengeluarkan cairan kental berwarna merah yang berbau anyir. Tapi ada juga yang hanya sekelebatan menceritakan adegan pembunuhan. Overall, ceritanya oke dan cocok buat Anda yang suka horror, thriller, misteri. Bacaan ringan pengantar tidur. Hohohoho.

Terlepas dari cover, kertas, dan penjilidannya yang gak banget (lembarannya mudah lepas). Saya kasih 3 bintang untuk antologi ini. Untuk penulisnya yang imajinatif, untuk informasi tentang kleniknya, untuk ketegangan yang sukses saya rasakan saat saya membacanya.

P.S : Kalau Anda ingin lebih merasuk ke dalam ceritanya, buku ini sebaiknya dibaca pada malam hari yang sepi. Tapi dibaca saat jam istirahat di kantor pun tetap bisa terasa hawa mistisnya kok.😀

One thought on “Yang Terlihat Baik, Belum Tentu Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s