Ending yang Tidak Terduga

Judul Buku : Pintu Terlarang
Penulis : Sekar Ayu Asmara
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 264 Halaman
Tahun Terbit : 2009 (sebelumnya pernah diterbitkan oleh PT Andal Krida Nusantara [AKOER] tahun 2004)
Harga : Rp10,000 (Bazaar Buku Gramedia)

Suatu hari aku pernah ngetweet “paling sulit mereview buku yang kelewat bagus dan buku yang ancur ketulungan”. Nah, menurut aku, Pintu Terlarang masuk ke kategori yang pertama. Kelewat bagus. Entah apa karena aku begitu menyukai genre psychology thriller sehingga review cenderung tidak objektif.

Jika boleh saya katakan, buku ini terbagi dalam 3 (tiga) bagian. Di bagian awal buku, pembaca diajak untuk membaca kisah tentang seorang anak kecil berumur 9 tahun korban child abuse kedua orangtuanya. Karena memuntahkan makanan, si anak dihukum orangtuanya. Hukuman yang diberikan juga tidak main-main. Ibunya menyabet muka si anak dengan serbet dan mulut si anak dijejali kecoak! Si anak dipaksa menelan serangga kotor itu! Yaiks!

Di bab berikutnya dituturkan kisah tentang Gambir dan Talyda, sepasang suami istri yang saling mencintai. Kedua cinta mereka satu sama lain begitu besar. Gambir adalah seorang pematung terkenal. Sedang Talyda seorang direktur sebuah perusahaan. Di balik kesuksesan Gambir, Talyda ternyata memegang peranan besar. Perempuan itu menyimpan misteri tersendiri. Perempuan yang selalu mengenakan kalung dengan kunci sebagai liontinnya. Ya, kunci sebuah pintu terlarang.

Bagian ketiga memaparkan tentang kehidupan Ranti, seorang jurnalis sebuah majalah metropolitan, yang sedang melakukan penelitian atas artikel yang akan dimuat. Di sini ia bertemu dengan sosok “dia” yang selama 18 tahun mendekam di sel isolasi sebuah rumah sakit jiwa.

Selintas memang terkesan gak ada hubungan di antara ketiga bagian di atas. Eits, tapi sebenernya ada banget! Dan pembaca pasti akan terbingung-bingung selama membuka halaman demi halaman. Sulit untuk menebak apa yang sebenarnya terjadi dengan Gambir? Apa rahasia yang disembunyikan Talyda di balik pintu terlarang? Siapa sebenernya sosok “dia” yang ditemui Ranti dan apa hubungannya dengan anak kecil yang mengalami child abuse itu? Semua menjadi misteri.

Sampai aku akhirnya di bagian akhir cerita yang bahkan sampai tersisa dua halaman pun tetep belum ketebak misterinya! Benar-benar menggemaskan! Dan begitu segala rahasia terkuak, aku merinding. Satu kata untuk novel ini : gila!

Gila, karena novel ini bikin mikir, dan itu seru. dibanding novel yang datar-datar saja.

Gila karena nama tokohnya yang sangat njawi dan aku suka itu.

Gila karena di dalam novel ini dideskripsikan adegan violence dan seksual yang lumayan bikin mual.

Melihat kavernya sudah bisa terasa kesan mistis. Sayang, mungkin orang akan ilfil duluan enggan mengambil buku ini dari deretan rak di toko buku karena desainnya yang agak njadul. Oh, iya, gak perlu khawatir soal huruf yang rapat-rapat yang cenderung akan membuat pembaca bosan, karena buku ini ditulis dengan jenis dan size huruf yang friendly. Dijamin gak cepat bikin mata lelah.

Dengan alur maju mundur yang ditata apik dan tidak biasa membuat novel ini begitu menarik untuk dibaca. Recommended buat Anda pecinta thriller dan misteri. Penulis dengan lihai memainkan kata-kata sehingga sukses bikin saya penasaran sampai akhir cerita, menebak-nebak akan seperti apa endingnya yang ternyata WOW!

p.s : Ini termasuk kategori NOVEL DEWASA. Novel ini juga pernah difilmkan. Walaupun aku sendiri belum pernah nonton, tapi pas baca synopsis di Wikipedia, bisa ketahuan kalau film dan bukunya ini beda banget, meski secara garis besar jalan ceritanyanya sama. Nama tempat berbeda dan ada pembelokan cerita yang lumayan jauh berbeda.

Cetak Ulang Edisi Kaver Film

10 thoughts on “Ending yang Tidak Terduga

    • yoi banget mbak
      sepanjang nonton film pasti mikir kan eeeh gaktaunya endingnya bikin kita komen “sontoloyo!” hahaha :))
      dikerjain sama sutradaranya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s