[Review] 7 Keajaiban Rezeki

Judul Buku : 7 Keajaiban Rejeki
Penulis : Ippho ‘Right’ Santosa
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun Terbit : 2010
Tebal : 190 Halaman (hard cover)
Harga : Rp84.800,00 (Toko Buku Gramedia)

Buku motivasi ini berisi 7 jurus ampuh sukses dunia akhirat. Jujur, dengan mengikuti semua step by step di buku ini, saya merasakan perubahan yang lumayan berarti dan semoga menambah keimanan saya akan Keesaan dan kekuatan Tuhan. Ippho juga menuliskan setiap kata-kata motivasinya dengan gaya seolah-olah dia ada di samping kita mengatakan itu semua dengan semangat berapi-api.

Terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian lingkar diri, lingkar keluarga, dan lingkar sesama. Lingkaran ini membantu saya memetakan isi dari buku tersebut akan ditujukan ke mana.

Apa saja 7 keajaiban rejeki itu?

 

1. Sidik Jari Kemenangan (Lingkar Diri)

Pada bab ini, tidak akan ada bacaan apa-apa yang bisa kita resapi. Hanya ada lembaran kertas kosong tempat untuk Anda menuliskan apa mimpi-mimpi Anda dan bagaimana cara mencapainya. Karena menurut Ippho, setiap orang memiliki cara masing-masing dan berbeda-beda. Seperti halnya sidik jari Anda yang tidak akan pernah sama dengan sidik jadi orang lain.

 

2. Sepasang Bidadari (Lingkar Keluarga)

Sepasang bidadari bukan berarti bidadari beneran loh haha. Ini adalah istilah yang Ippho gunakan untuk menggambarkan keistimewaan orangtua dan pasangan hidup kita. Yup! Bidadari yang pasang pertama yaitu orang tua kita. Kalo ga ada restu orang tua, susah juga buat ndapetin restu dari Allah. Pun, pasangan hidup. Banyak yang galau soal ini nih. Soal menikah. Tapi, Ippho menjawab semua pertanyaan soal nikah dengan tegas dan penuh percaya diri. Benar-benar provokatif! Bikin saya pengen cepetan nikah. Hahaha!

 

3. Golongan Kanan (Lingkar Diri)

Ini menurut saya adalah dasar babnya. Ippho meminta kita untuk berpikir menggunakan otak kanan. Lho? kalau memand ini bab dasar/permulaan, kenapa dia ditaruh di urutan ketiga dalam bab buku ini? Nah, justru di sini letak kerennya, imho ya. Kata Ippho, cuma tukang urut yang mesti ngurut. Hehehehe. Para parkar otak kanan gak mengenal istilah ‘urutan’ dan ‘sistematis’. Alasannya? Ya karena kalau hidup kita terpaku pada yang namanya urutan, jika suatu waktu kita stuck di satu titik terntentu, kita akan susah move on, karena ya itu tadi, kita terlalu berpatokan pada urutan! Lebih baik spontan saja.

 

4. Simpul Pedagang (Lingkar Sesama)

Di ajaran agama Islam, yang mengatakan ‘9 dari 10 pintu rejeki, itu pintu perdagangan’ yah lebih kurang seperti itu. Artinya? Kita diminta berdagang, berbisnis. Bahkan Rasullullah SAW pun sudah berdagang sejak usia 12 tahun.

 

5. Perisai Langit (Lingkar Diri)

 

6. Pembeda Abadi (Lingkar Diri)

 

7. Pelangi Ikhtiar (Lingkar Diri)

Buku ini ga perlu dibaca secara berurutan. Bisa dibaca dari bab berapa saja. Ingat! Karena hanya tukang urut yang boleh ngurut. Hehehe! Satu hal yang penting : Action!

Misal untuk menikah, semakin tua, semakin matang, biasanya semakin banyak pemikiran untuk menikah. Pengen punya rumah dulu lah, harus mapan dulu lah, bahagiain ortu, dll. Wah, kalo gitu kapan nikahnya? Nah, Bung Ippho ini bilang : nikah saja dulu. Gak usah banyak tanya. Nikah itu kan ibadah, insya Allah, Allah pasti mencukupkan, malah bisa dilebihkan rejekinya. Intinya sih, percaya sama Allah. *saya seketika galau* hiks

Sama halnya kayak buka usaha. Takut gagal, takut bangkrut. Banyak alasan yang dikemukakan sehingga sampai sekarang belom ada eksennya. Padahal sih intinya, just do it. Kelamaan mikir, entar gak usaha-usaha deh hehe… Usaha itu butuh modal? Itu benar! Tapi, ingat, modal itu bukan cuma uang! So, Ippho mengajak kita untuk tetap buka usaha sendiri meskipun ga punya uang. Loh, terus dengan cara yang gimana? Baca saja bukunya! Hehehe…

Satu lagi yang gak kalah penting : sedekah. Buang segala kemalangan dengan sedekah. Otak kanan berpikir, jangan kaya dulu baru sedekah. Tapi, sedekahlah biar jadi kaya! Jangan ketatkan pengeluaran, tapi tingkatkan pendapatan!

Well, mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa buku motivasi itu bullshit ya. Tapi, saya punya keyakinan sendiri dan saya percaya buku Ippho gak begitu kok (at least bagi saya). Ambil sisi positivenya dan eksyen.

Buku ini dicetak dalam edisi hardcover. Hanya kurang dari 200 halaman. Lumayan tipis menurut saya. Font yang digunakan juga besar-besar dan gak kaku sehingga saya gak jenuh mbacanya. Disajikan juga gambar-gambar motivasi, tokoh tokoh pengnspirasi, ilustrasi yang menarik, dll. Juga terdapat bonus CD yang isinya lagu-lagu motivasi (dijamin anti galau 100%) dan cerita inspiratif dari para pengusaha-pengusaha muda semisal Mas Mono (Pemilik Ayam Bakar Mas Mono). Desain kavernya menarik menurut saya karena di situ ditulis benefit berupa bonus langsung Rp1.350.000!!! Apaan aja tuh?

Dan di belakang kavernya ditulis ‘garansi uang kembali kalau buku ini tidak bermanfaat’ ke alamat bla bla bla.

For the greatest book like this, what can I do except give it 5 of 5 stars?

One thought on “[Review] 7 Keajaiban Rezeki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s