[Review] Kāla Kālī

 


Judul Buku : Kala Kali
Penulis : Valiant Budi & Windy Ariestanty
Penerbit : Gagas Media
Tahun Terbit : 2012
Tebal : 332 Halaman
*freebook Leksika*

Buku ini adalah salah satu hasil proyek Gagas Duet. Well, apakah Gagas Duet itu? Saya pikir sih tadinya semacam buku yang ditulis secara estafet. Tapi ternyata bukan. Ini adalah buku dengan 2 penulis berbeda dan 2 cerita berbeda. Aduh, pengen ngomong ke penerbit gini deh rasanya, “Ya kalo gitu ini bukan duet dong??? Medley gituh!” Errr…

Tentang penulisnya, saya hanya sekedar tahu bahwa Valiant dan Windy adalah penulis. Penulis yang seperti apa? Jujur, saya belum tahu. Kala Kali ini adalah buku pertama mereka yang saya baca. Dan yah, jujur (lagi) ekspektasi saya soal kedua penulis ini lumayan tinggi. Tapi, apa yang saya dapat? Saya hanya memberi rate 2/5 . Emmm… apa yah, menurut saya cerita yang ditulis tuh kering banget. Datar. Sorry, but this is what I feel when I’m reading this book.

Mengenai Kala Kali itu sendiri, seperti yang saya baca di blog pribadinya Mbak Windy, adalah sbb :

“Kālī yang merupakan salah satu dewi dalam kepercayaan Hindu ini berasal dari Kāla—nama panggilan Shiva, Dewa Kematian. Kāla sendiri juga bisa berarti waktu yang abadi atau gelap. Karena Shiva yang dipanggil Kāla adalah sisi maskulin, maka Kāli—yang merupakan sisi feminin—juga merupakan entitas dari ‘waktu’, ‘sesuatu yang melampaui waktu’, dan ‘kematian.’ Selain itu Kāli juga dianggap sebagai dewi dari perubahan.”

Menjurus dari penjelasan di atas, memang bisa disimpulkan bahwa kedua cerita dalam buku ini beda banget satu sama lain. Cerita pertama, Ramalan Dari desa Emas, menceritakan petualangan seorang gadis kocak ke Desa Sawarna. Niatnya sih mau merayakan ulang tahunnya yang ke-18 sendirian. Siapa sangka di sana ia justru mengalami suatu musibah sampai akhirnya bertemu dengan anak kecil yang jago meramal. Ia diramal akan mati sebelum umurnya mencapai 18 tahun. Weks! Itu artinya kan beberapa hari lagi. Nah, karena ramalan itu, ia akhirnya pergi meninggalkan Desa Sawarna karena ketakutan dan bukannya selamat dari kutukan, malah ramalan it uterus menghantuinya dan akhirnya membawa dia ke suatu petualangan. Hehehe. Agak mirip film Final Destination gitu deh.

Oke, membaca cerita pertama, karya Valiant, saya lumayan terhibur dengan gaya penulisan yang lucu dan berbeda. Saya akui, Valiant pandai berhumor. Sesuatu yang menyedihkan masih bisa digambarkan dengan kegembiraan. Benar-benar orisinil sih. Lho kok ada kata ‘sih’? Lha iya. Soalnya menurut saya konfliknya datar banget. Twistnya oke laaah… dapet kok… dapet! Tapiii… untuk saya, kurang. Mungkin usia setua saya jangan baca buku genre remaja gini kali yah? Hahaha…

Eitsss, yakiiin genre remaja??? Soalnya Windy menulis cerita yang 180 derajat beda sama Valiant loh. Cerita Windy benar-benar kelas tinggi. Banyak permainan kata-kata yang keren, menurut saya. Sayangnya, (lagi-lagi) selera saya gak sebagus itu untuk bisa memahami apa sih yang sebenernya Windy mau bahas. Oke, tentang persahabatan, perselingkuhan, dan tentu saja cinta. But, hey, saya bahkan skimming hampir di setiap halaman saking datarnya. Capek sendiri menunggu klimaks yang gak kunjung muncul. Isinya pelajaraaannn terus… Infoooooo terus… yah, bagus sih kita jadi nambah pengetahuan baru tapi buat saya, hal ini melelahkan…

Secara fisik, gak ada masalah. Font sesuai. Ukuran sesuai. Desain sampulnya juga keren, dan dapet banget kesan misterinya (sesuai sama isi ceritanya ada yang berbau-bau misteri) serta 3 dimensi (menurut saya loh, hehe). Sayangnya, karena 3 dimensi ini, kaver buku malah akan jadi cepet rusak. Buktinya, kaver saya udah sobek tuh. (Ah itu sih elunya aja, Sel, yang careless –__–)

Entah ya mungkin saya yang terlalu bodoh sampai gak bisa menangkap esensi dari buku ini. Yeah, who knows? Yang jelas, saya gak menikmati saja. So, cukup kali yah bintang 2/5? Saya sangat appreciate this book. But, sorry, I cant help myself to enjoy this book.

One thought on “[Review] Kāla Kālī

  1. Pingback: Posts of the Week #4 (dan #3) | KOLOR INI

Leave a Reply

