Cewek Galau, Cowok Labil

 

Judul Buku : Mars Venus

Penulis : RachErt

Penerbit : self  publishing via nulisbuku.com

Tahun Terbit : 2012

Genre : Romance – Thriller – Misteri

 

Eniwei, dapet buku ini gratis dari temen. Minta dibaca untuk diripiu. May I called it as “buntelan”? Thank’s to Rachert! This is your first novel, right?

Awal pertama kali buka buku ini saya sempet suka sama kavernya. Simpel dan terkesan punya pesan tersendiri. Tulisan “Mars Venus” juga ditulis dengan tulisan Ambigraph, yang mana maksudnya adalah tulisan yang dibaca normal atau terbailk tetap akan sama saja. Ini satu poin menarik di buku ini. Dan ternyata, kunci bagi isi buku ini. Tapi, plis jangan ilfil duluan baca sinopsis di belakangnya yang sama sekali nggak persuasif. Yakin saya, kalau buku ini dijual di toko buku, orang yang baca sinopsis di kaver belakang buku ini pasti uderestimate duluan. Hehehe…

Begitu buka bukunya… Jreng! Lho kok kebalik tho??? Apa salah cetak apa gimana iniiih…??? Yup! Di buku itu di halaman pertama saya baca “Welcome to the Luna Lovegood’s World” yang ditulis menggunakan huruf yang hanya bisa dibaca kalau kita arahkan tulisannya ke cermin. Satu poin unik lagi. Terus apa maksud dari Welcome to bla bla bla itu? Jadi gini, tahu Luna Lovegood ‘kan di buku Harry Potter? Si Luna ini ‘kan aneh. Suka baca buku kebalik gitu. Nah, di buku ini juga penulis “ngerjain” kita. Supaya kalau kita lagi baca buku ini, orang yang melihat kita baca, akan mikir kita ini aneh. Hahahaha! Wah, saya makin ga sabar bacanya.

Ekspektasi saya masih besar saat saya membaca halaman pengantar dari penulisnya yang bilang kalau buku ini tuh buku nggak bagus deh. Buku ABG. (Ini penulisnya lho yang bilang sendiri). Saat itu, saya mikirnya sih “Ah, mosok sih se-ABG itu? Jangan=jangan penulis hanya berusaha merendah.” Hmmm, oke. Saya jadi makin penasaran buat lanjut ke isi buku ini.

Duaaarrr! Beneran lho ternyata. Hampir 2/3 bagian isi buku ini tuh, aduh kalau saya bisa kasih rate 1 ya mungkin itu yang saya akan kasih. Biasa banget. Tokoh dewasa yang punya masalah dan sifat kayak anak-anak. Masih ada nggak sih? Saya sendiri ragu. Well, mungkin ada yah. Tapi mosok sih di usia (yang saya tebak sekitar 27-28, karena penulis nggak menerangkan berapa usia tokoh utamanya) segitu, ada sepasang kekasih, LDR, cemburuan minta ampun! Saya ulangin ya ; bener-bener minta ampun. Errrggg baca sendiri deh. Banyak banget typo dan banyak kesalahan penulisan gak sesuai EYD.

Jadi tuh penulis menceritakan kisah Mars (cowok) dan Venus (cewek) yang usia pacarannya menginjak 3 tahun. Si Mars dan Venus ini sudah lulus S2. Luar negeri pulak. Tapi, ya mosok di sini ditulis sifat Venus yang marah hanya gara-gara Mars lupa tanggal jadian mereka. Et dah! Udah gede kaliii… Udah 3 tahun pulak pacarannya. Mosok hal-hal sekecil itu aja jadi masalah? Ya, di pikiran saya itu sih lebay ya. Nggak logis aja. Huehehe… Konflik di sini tuh ya nggak jauh dari cemburu (yah maklum namanya juga LDR), curigaan, negative thinking, dan masalah orang pacaran pada umumnya. Nothing’s special. Saya sering skimming baca buku ini karena sebagian besar isi ceritanya berkutat di masalah yang itu-itu aja. Bikin bosan. 70% berisi dialog jadi cukup cepat saya membacanya. Untuk buku setebal 200-an halaman, saya selesai dalam waktu kurang dari 2 jam.

Penulis bikin novel ini katanya selesai dalam waktu lebih kurang 3 minggu. WOW ‘kan? Well, terang aja. Jadinya ya begini nih novelnya… Belom mateng.

Memasuki bab akhir, ada prolog dari sosok Venus. Dan, OMAIGOD! Di sini letak kerennya! Twisted ending! Kayak gimana twistednya? Baca aja deh. Yang jelas, saya ketipu tiga kali baca buku ini. TIGA KALI! Pertama, waktu mengetahui halaman buku ini memang sengaja kebalik. Kedua, saat membaca prolog dari tokoh bernama Venus. Ketiga, yah tentu saja ending dari buku ini.

After all, konsepnya sih oke. Keren malah. Sayang aja kayaknya penulis terlalu terburu-terburu menyelesaikannya sehingga saya kurang menikmati alur ceritanya. In the end, bintang 2 deh. (Sebenernya bisa bintang 4 kalau saja penulis lebih “rapi” menulis isi ceritanya🙂

Buku ini ditulis oleh 2 orang penulis. Rach menulis bagian Mars (sudut pandang Mars) sedangkan Ert menulis bagian Venus. Di awal buku ternyata ada quotes : buruk sangka akan merugikan diri sendiri – anonim. Yang mana quotes itu saya artikan sendiri bahwa buku ini gak buruk-buruk amat kok. Karena ya 3x ketipu itu tadi. Hehehehe…

Keep writing, Rachert!😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s