Me Vs SRC 2013

reading_books

Heyho bookworm! Nggak terasa tahun 2012 sudah sampai di penghujungnya. Setahun ini saya menargetkan baca minimal 100 buku dan belum kesampaian. Hahaha… Masih harus menyelesaikan baca sekitar 9 buku lagi. Jumlah yang nggak sedikit, bukan? Mengingat tahun 2012 akan segera berakhir 4 hari lagi… Weits, tapi saya yakin bakal selesai sesuai target kok. Hehehe…

Nah, dalam rangka menambah wawasan (dan kerjaan juga tentunya), saya iseng ikutan Serapium Reading Challenge 2013 atau biasa disingkat SRC. Apa itu SRC? SRC adalah kompetisi membaca kemudian mereview buku yang dihost oleh Komunitas Forum Buku Kaskus ; Serapium. Tahun 2013 nanti adalah kali kedua event ini diadakan. Sedikit flashback. Berkat ikutan SRC, pengetahuan soal mereview bertambah pesat. Walaupun nggak pernah jadi juara, hehehe, tapi ilmu yang didapat bener-bener bermanfaat buat saya. Blog buku ini bisa ada tentu salah satu faktor utama adalah SRC. Karena sebelum ada SRC, saya biasanya nggak pernah mereview buku yang sudah dibaca. Padahal itu penting lho.

Berdasarkan hasi diskusi, SRC kali ini tampil beda dan lebih variatif. Dengan reward yang menggiurkan bagi peserta yang konsisten membaca dan review terbaik setiap bulannya. Tema tahun 2012, peserta harus menyetor di awal tahun 12 buku yang akan dibaca selama setahun ke depan berdasarkan inisial W-E-A-R-E-S-E-R-A-P-E-R. Saya agak kesulitan di buku dengan judul berawalan huruf W. Hehehe. Akhirnya saya memutuskan untuk membaca “The Weird Sisters” oleh Eleanor Brown.

Saat membeli buku itu, yang ada di pikiran saya hanya satu : saya dapat buku dengan judul awal huruf W. Nggak peduli apagenre-nya. Nggak peduli berapa harganya. Walaupun agak segan karena buku itu termasuk buku terjemahan yang notabene saya agak malas membacanya. Tapi, namanya juga challenge, pada akhirnya toh saya beli dan baca dan review juga.

Oke. Begitu kira-kira kilas balik tahun 2012. Tahun 2013, SRC mengusung tema yang berbeda-beda setiap bulan, seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Januari – Kinanthi by Tasaro GK. Bulan Januari, peserta diharuskan membaca buku favoritenya. Boleh apa saja. Namanya juga kesukaan. Dan boleh re-read. Alasan saya memilih Kinanthi ini adalah karena saya tertarik dengan penulisnya dan penasaran ingin “merasakan” karyanya. Ditambah review perihal buku ini di Goodreads yang rata-rata bagus.

Februari – Divortiare by Ika Natassa. Bertepatan dengan hari valentine, Februari SRC bertema romance. Nggak ada alasan khusus kenapa saya memilih buku Ika Natassa ini. Yah, hanya ingin baca saja. Btw, saya sendiri nggak merayakan valentine.

Maret – Bidadari Bidadari Surga by Tere Liye. Ekranisasi! Yeay! Apa itu? Begini. Mengingat beberapa minggu lalu, saya sudah menonton filmnya dan sukses ngucurin air mata. Sekarang jadi penasaran bakal semenyentuh apa novel drama keluarga karya Bang Darwis ini. Buku ini juga sempat menjadi Wishful Wednesday saya beberapa waktu lalu.

April – Pengakuan Pariyem by Linus Suryadi. Bulan April saatnya baca sastra Indonesia. Ini favorit saya!!! Hahahaha… Sukaaa banget baca buku sastra Indonesia. Jadi, saya semangat aja mau baca buku apapun juga. Hihihi… Nah, novel Pariyem ini termasuk yang kurang ngehits. Ceritanya nggak pengen mainstream baca Pramoedya Ananta Toer gituh. Muhahaha… Eits, tapi kemaren baru aja saya ke toko buku kemudian tertarik dengan salah satu judul sastra. Lupa apa judul pastinya. So, kayaknya bakal ganti buku. Hehe…

Mei – The Devil and Miss Prym. Bulan ini kalau nggak salah membaca buku yang masuk list 1001 buku wajib baca sebelum wafat. Kenapa buku ini. Karena Paulo Coelho. Haha!

Juni : Satin Merah by Brahmanto Anindito & Rie Yanti. Juni saatnya baca buku thriller. This is also one of my fave genre. Why I choose to read this book? It’s simply because someone recommend me about this book.

Juli – Wonder by RJ Palacio. Menyambut hari anak, jadinya baca buku anak-anak deh. Alasannya? Ya ampun. Pake nanya lagi. Buku ini buku dengan rate teratas di Goodreads. Dengan cerita yang nggak biasa dan pesan hidup yang berharga membuat buku ini wajib dibaca. Semoga saya tahan untuk tidak membacanya sebelum bulan Juli tiba. Fyuh…

Agustus – Pulang by Leila S. Chudori. Novel baru karya penulis Indonesia. Cukup tebal dan kemarin aku lihat di toko buku, saya agak nggak nyaman dengan huruf-hurufnya yang kecil dan rapat. Mungkin akan aku ganti dengan Wali Sanga. Sepertinya lebih pas untuk tema bulan ini ; Sejarah.

September – Negeri Van Oranje by Wahyuningrat. Buku travel! Udah lama sebenernya mau baca buku ini. Cuma belom kesampaian minjemnya. Hahaha… Cerita tentang sekumpulang mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di negeri kincir angin. Duh, Holland is one of my fave country destination to stay!

Oktober – The Time Keeper by Mitch Albom. Bulan ini baca buku tema fantasy, sci-fi, dsb. Jujur, ini adalah genre yang paling saya hindari. Jarang buku-buku bergenre ini ditulis oleh orang Indonesia. Pasti terjemahan. Makanya saya agak malas. Oh iya, kenapa buku ini? Mitch Albom? Simpel. Karena saya suka kavernya. That’s all.

Buku untuk November dan Desember menyusul mengingat tema kedua bulan ini belum bisa ditentukan sekarang karena berhubungan dengan tahun 2013 itu sendiri. Okay, that’s my list. Nggak ada buk “berat” ‘kan? Semua buku-buku yang merakyat. Hehehe… Semoga saya bisa melewati dengan lancar tanpa gangguan yang berarti. Aamiin… List di atas juga masih bisa berubah lho. Sesuai mood. Xixixi…

Untuk info selengkapnya tentang SRC 2013, check this out!

Sampai ketemu!
Wish me luck!
:-*

4 thoughts on “Me Vs SRC 2013

Leave a Reply

