Shocking China!

Shocking China

Judul Buku : Shocking China

Penulis : Sophie Mou

Penerbit : B First

Tahun Terbit : 2013

Tebal : 150 Halaman

Harga : Rp 34.000,00

Rate : 4 of 5

Sisi Lain China yang Mengejutkan

Sesuai judul bukunya, buku ini ternyata lumayan bikin shock! Bagaimana tidak? Banyak hal yang selama ini  tidak terekspos tentang China yang belum saya tahu. Entah mungkin saya yang kuper atau memang hal tersebut benar-benar pengetahuan baru. Yang jelas, setelah membaca buku ini, pengetahuan saya tentang China jadi bertambah. It’s good, isn’t it?

Membaca buku ini juga bikin saya merasa sedang ada di Negara China sungguhan. Dengan kemampuan penulis yang pandai mendeskripsikan dan mengekspresikan bagaimana keadaan cuaca di sana, seberapa dingin, seberapa tinggi, membuat saya sanggup membayangkan dengan cukup baik keadaan di sana. Jadi benar adanya kalau ada pepatah mengatakan “looking world through the book”. Hehehehe…

Buku ini sebenarnya buku ketiga dari serial “Shocking”. Yang pertama itu Shocking Japan, yang kedua Shocking Egypt. Namun jujur saya belum membaca kedua pendahulunya tersebut. Dan hal itu sah-sah saja bukan? Mengingat memang antara buku satu dengan buku yang lain tidak ada korelasinya. Tapi sejak baca Shocking China ini saya malah jadi penasaran pengen baca yang dua edisi sebelumnya lho.

Buku ini terbagi jadi 4 bagian.  Bagian pertama berjudul “China oh China”. Di bab ini kita bisa membaca keunikan-keunikan dari Negara China itu sendiri seperti;

  1. Di China, ternyata kita harus antre kalau mau beli rumah. Karena peminat rumah tersebut banyak bin bejibun. Mengingat orang China juga sangat percaya feng shui. Maka, setiap orang yang akan membeli rumah harus cepet-cepetan supaya dapat fengshui yang baik.
  2. Listrik apartemen di China itu ternyata diisi ulang kayak pulsa. Bukan bayar perbulan ke PLN seperti yang ada di  Negara kita. Unik ‘kan?
  3. Kebiasaan pamer perut ketika musim panas menjelang di China. Ketika hari panas, semua orang akan cuek buka baju dan pamer perut. Nggak peduli apakah orang tsb pedagang kaki lima atau eksekutif muda sekalipun. Errr. Hahahaha!
  4. Dll

Masih banyak lagi info-info lainnya yang bener-bener mengejutkan. Bagian dua berjudul “Awas…!!!” berisi peraturan-peraturan unik seperti penilangan yang dibayar di counter, bukan dikasih surat tilang langsung ketika di lapangan. Anda boleh saja melanggar lampu lalu lintas dan nggak bakal ada polisi yang menyetop kendaraan Anda. Tapi jangan kaget ketika Anda ke counter dan mendapati ternyata “tagihan pelanggaran” Anda mencapai puluhan juta. Karena ternyata di setiap ruas jalan dipasang CCTV dan hukum yang berlaku di sana sangat tegas dan detail. Di bab ini, banyak peraturan-peraturan yang menurut saya tidak menyenangkan. Di China, kita hanya diizinkan untuk punya satu anak. Kalau lebih dari itu, akan dikenakan denda. Bersyukur sekali bukan, kita yang tinggal di Indonesia tidak punya peraturan seperti itu, walaupun sekarang Negara kita sendiri sudah sangat membludak penduduknya. Weel, tapi itulah kebijakan di sana yang dilakukan demi kesejahteraan penduduknya. Di sana juga tidak mengenal libur hari raya karena di China adalah Negara komunis. Mereka hanya memperingati hari raya imlek. Tidak tanggung-tanggung, bisa sampai pesta 7 hari 7 malam lho!

Sedangkan dua bab berikutnya menceritakan makanan dan objek-objek wisata di China (salah satunya tentu saja membahas sejarah The Great Wall of China). Hal ini mungkin sudah banyak yang kita tahu. Eits, tapi tahukah anda bahwa sebenernya kwetiauw, fuyunghai, capcay itu bukan makanan yang berasal dari China? Lho, terus dari mana dong? Baca saja sendiri… hehehehe.

Overall, in case, Anda ragu apakah buku ini menye-menye atau tidak, buku ini tidak membosankan seperti buku-buku travel lainnya yang hanya mengutip info-info dari mesin pencari semacam Google. Buku ini sangat baik dalam memberi info dan fakta unik seputar Negara China yang tentunya sangat menambah khasanah dan wawasan budaya si pembaca. Saya sendiri ketagihan dan minat sekali untuk baca kedua seri lainnya. Ingin tahu semengejutkan apa Negara-negara tsb. Hehehe… 4 dari 5 bintang. Kekurangannya adalah: kurang banyak! Hahahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s