Waktu Pesta

17370766Judul : Waktu Pesta
Penulis : Dodi Prananda, dkk
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Tahun Terbit : 2013
Rate : 3 of 5

aku menyelesaikan buku ini dalam kurun waktu sebulan. bukan karena buku ini tidak menarik untuk dibaca. sama sekali bukan. melainkan karena aku memang sedang sibuk. hehehehe *plakkk*

sebaliknya, buku ini menarik. meskipun kaver depannya sedikit mengingatkan aku pada kaver khas penerbit sebelah. wkwkwkwk…

buku ini merupakan antologi atau kumcer yang ditulis oleh 4 penulis muda (yang menurut aku) berbakat, yaitu dodi prananda, intan kirana, muhammad mahdy, dan tya winduwati. entah mungkin aku yang kurang bergaul di dunia penulisan sehingga belum pernah melihat atau mendengar nama mereka atau bahkan membaca karyanya. jadi pada waktu itu, ekspektasi aku terhadap buku ini bisa dibilang tidak terlalu tinggi.

terdiri dari 4 chapter yang masing-masing berisi 3 judul cerita.

chapter #1 Waktu Pesta bersama Cinta:
– “K” – Intan Kirana
– Drian dan Caramel – Tya Winduwati
– Cerita Ventura – Muhammad Mahdy

membaca cerpen pertama, aku sudah dibuat kepincut oleh cerita berjudul “K” yang ditulis oleh Intan Kirana. cerita ini membius, melenakan, dan mencengangkan. dengan penggunaan diksi yang indah dan puitis tapi tidak cheesy, membuat cerita ini terasa manis. membaca cerita pertama ini, terpatahkan sudah perihal ekapektasi di atas. ternyata aku salah. buku ini tidak seperti buku romance menye-menye biasa! buku ini nyastra dan ditulis dengan gaya penulisan yang cukup baik. bayangkan saja, satu penulis bisa menulis satu judul dengan menghabiskan berpuluh-puluh halaman. hal ini membutuhkan ide menulis yang begitu luas dan liar. hehehehe…

kemudian dilanjutkan cerita kedua dari tya. cerita cinta dengan tema yang agak tak biasa dan bikin gemas!

ketiga, Cerita Ventura. duh! cerita ini mengajarkan aku banyak hal soal cinta. *aiiihhh* nancep. dalem. bagus pisan pokok na mah!

chapter #2 Gelora di Waktu Pesta:
– Balada Guru Agama & Pramuria – Intan Kirana
– Memburu Raja Laut – Dodi Prananda
– A Cat in The Alley – Muhammad Mahdy

cerita pertama dalam chapter 2 ini meyuguhkan jenis cerita yang menarik. ditulis dengan 2 sudut pandang yang kontradiksi namun di akhir cerita, mereka bertemu dalam keadaan yang sedikit tidak terduga.

lalu dilanjutkan dengan cerita mengharukan tentang perjuangan dan kegigihan seorang laki-laki dan kesabaran sang istri. sejauh ini, aku masih sangat menikmati buku ini.

kemudian inilah cerita yang terpanjang yang ada di antologi ini: A Cat in The Alley. duh, kenapa penulis gak bikin novel sendiri yang terpisah saja sih? *grumpy* aku sendiri awalnya jenuh membaca cerita yang too much ini. namun apa daya, aku sudah terhanyut. ya hanyut sekalian saja lah, pikirku. soal ending cerita, tidak terlalu spesial. namun sepanjang cerita. banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik.

kira-kira begitulah beberapa isi buku ini, aku jabarkan cerita per cerita.

ada 12 cerita pendek dalam buku ini. beberapa cerita yang ditulis terlalu panjang, jujur saja, aku agak skimming. misalnya cerita soal duyung pantai selatan. karya tya winduwati. sebenarnya bagus mengangkat issue lokal but i dunno why i just cant enjoy it. di satu sisi, aku salut dengan cerita “plesetan” dewi nawang wulan dan jaka tarub yang ditulis oleh tya winduwati ini. ternyata tya sepertinya menyukai menulis tema-tema indonesia. #sotoy atau mungkin karena aku tidak begitu menyukai genre fantasi sehingga jadi gak nyambung dengan cerita tsb, terutama cerita tentang tohen. errrrr…

cerita yang paling membekas buat aku tentu saja cerita Waktu Pesta milik Dodi Prananda. tentang bagaimana setiap orang memiliki waktu pestanya masing-masing dengan penafsiran yang berbeda pula akan definisi “pesta” itu sendiri. membaca karya Dodi ini, sedikit banyak aku seperti diingatkan oleh karya-karya SGA. terutama cerita berjudul “Piknik Hujan”. well, imajinasi yang orisinil menurutku. semoga saja Dodi bisa jadi penulis serius dan nyastra. hehehehe…

tapi dengan berat hati, overall aku hanya bisa kasih 3 bintang. karena beberapa cerita dalam buku ini tidak cukup bisa aku nikmati dengan baik.

oh iya perlu juga aku bilang kalau buku ini tidak melulu bahas soal romansa kok. asa cerita tentang hidup juga yang menarik untuk dibaca.

jadi, kalau kamu suka buku yang cukup ringan namun NYASTRA dan gak murahan, this is it. read it and make your own party time!

xoxo,
sr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s