Cerita Ini Asalnya Dari Otak Kanan

17662899Keajaiban Rezeki
Tasaro GK
Penerbit Mizania
Cetakan I, Februari 2013, 373 Halaman
Novel Fiksi Motivasi
Rating: 5 of 5

Sebentar, mungkin kalian berpikir saya terlalu berlebihan dengan memberikan semua bintang yang saya punya untuk buku ini. Tapi, menurut saya tidak kok. Buku ini memang layak mendapatkan 5 bintang. Terutama bagi kalian penggemar novel-novel yang membangun jiwa. Novel ini terinspirasi dari buku-buku Ippho Santosa, seorang motivator terkenal Indonesia dan pakar otak kanan. Eits, tapi jangan salah sangka dulu. Buku ini tidak menjemukan seperti buku-buku motivasi yang kalian pernah baca. Jangan bayangkan begitu. Sama sekali tidak. Novel ini justru asyik dalam hal menghidangkan pelajaran tentang kehidupan dan pola pikir. Tasaro GK mampu menuangkannya ke bentuk yang berbeda dan tidak membosankan. Jempol!

Sepertimu, aku juga pernah mengalami masa-masa ketika engkau merasa semesta begitu mendukung. Mendukung untuk bersama-sama menjungkalkanmu. Memberimu kesialan-kesialan. Dari bangun tidur sampai tidur lagi. – halaman 8

Bisa dibilang saya jatuh cinta sejak membaca kalimat pertama dalam prolog di buku ini. Ah. Tidak, tidak, tidak. Saya sepertinya sudah jatuh cinta bahkan ketika saya belum memegang bukunya. Hahahaha!

Meskipun saya akui gaya penulisan Tasaro GK terkesan seperti karya sastra lama dengan bahasa yang EYD oriented dan bisa dibilang kurang nge-pop (?). entah bagaimana saya menyebutnya, yang jelas kalimat-kalimat dalam buku ini masih terkesan kaku. But, bagi saya yang sudah mencintai buku ini dari awal, hal itu tidak terlalu masalah kok. Saya masih dengan mudah bisa mencerna setiap dialog yang ada.

Sebelum saya mulai menulis review lebih jauh, izinkan saya menjelaskan kira-kira apa dan bagaimana yang dimaksud dengan “otak kanan” dalam buku ini. Saya akan menjelaskan secara gamblang saja dan sesuai wawasan yang saya miliki (berdasarkan yang pernah saya baca di buku 7 Keajaiban Rezeki, Ippho Santosa). Inilah dia kira-kira:

Otak kanan:

Sedekah dulu, maka akan jadi kaya. Nikah dulu, maka akan jadi mapan. Orang yang cenderung berotak kanan disebut sebagai Golongan Kanan. Biasanya tipe orang seperti ini cocok jadi pemimpin. Sifatnya antara lain: spontan, nekat, langsung bertindak tanpa perlu kelamaan mikir, kalau menemui kegagalan tetap pantang menyerah, dsb.

Otak kiri:

Kaya dulu, baru mau sedekah. Mapan dulu, baru mau menikah. Orang-orang kiri biasanya terlalu banyak pemikiran dan pertimbangan yang pada akhirnya tidak menghasilkan action apa-apa. Terlau takut menerima resiko karena merasa dirinya pintar maka tidak boleh dirinya ditipu (dibodohi) karena ulahnya sendiri.

Bagaimana? Sudah mulai ada gambaran tentang apa itu otak kanan? Semoga sudah😀

Nah, jadi yang manakah Anda? Golongan Kanan atau kiri?

Cerita ini bercerita tentang persahabatan 5 pemuda yang tinggal satu atap dengan latar belakang keluarga, kesibukan, dan karakter yang sangat berbeda-beda. Adalah Bas, Habbar, Ats, Gangsa dan Adon yang menyepakati satu janji yang dibuat bersama yaitu pada Sabtu malam mereka selalu berkumpul, berdiskusi tentang apa saja, dan pertemuan itu sakral bagi mereka. Tidak ada satu acarapun yang bisa mereka jadikan alasan untuk tidak hadir dalam acara mingguan itu.

Masing-masing dari mereka memiliki permasalahan hidup  tersendiri. Pertama, Bas, seorang stand up comedian, yang selalu dibuat penasaran oleh sosok perempuan misterius yang tak pernah absen hadir di acara standup nya dan selalu duduk di bangku nomor 13. Lalu Ats, seorang wiirausahawan pemilik toko buku yang kedatangan tamu pelanggan yang tiba-tiba dan mencurigakan. Kemudian Gangsa, di kala usaha MLM nya bangkrut, ia berguru kepada seseorang yang ternyata memiliki hubungan dengan teman satu atapnya. Seorang eksekutif eksentrik yang akan member banyak pelajaran bagi Gangsa. Keempat, Habbar yang nyaris kehilangan pekerjaannya sebagai penulis, didatangi seorang misterius yang terus menerus menerornya dan mencekal tulisannya. Terakhir, Adon, yang berhari-hari tak kelihatan batang hidungnya, yang kehidupannya paling tidak jelas di antara mereka berlima, menimbulkan pertanyaan tersendiri bagi teman-temannya; apa yang dilakukan Adon di luar sana sih?

Dan………. JENG JENG!!!

Semuanya ternyata berakhir pada satu kata kunci. Membaca cerita ini seperti membaca kisah-kisah misteri. Ada yang harus dipikirkan dan dipecahkan, dan itulah yang membuat saya amat sangat betah membaca buku ini seharian karena saya PENASARAN!  Saya sangat tidak menyangka kalau endingnya bakal begitu! Ya ampun….. saya tertipu untuk ke sekian kalinya.

Membaca buku ini mengingatkan saya bahwa begitu banyak hal yang kerap luput dari perhatian kita padahal Allah jelas sudah menunjukkan tanda-tandanya. Namun, kebanyakan dari kita ternyata malah menghindar lantaran hal tersebut “nggak gue banget”. Padahal, apa yang menurut kita baik, belum tentu baik di mata Allah, dan begitupun sebaliknya bukan?

Subhanallah ada getaran tersendiri saat membaca buku ini. Betapa Tasaro GK begitu pandai mengadaptasi kisah-kisah nyata yang dituturkan Ippho dalam buku motivasinya menjadi sebuah rangkaian kisah yang seru untuk diikuti sampai habis. Superb!

Agak disayangkan, buku ini berukuran agak tidak wajar yaitu besar sehingga cukup menyulitkan untuk dibaca dengan kedua tangan. Seperti membaca Koran. Meskipun begitu, hurufnya pun dibuat besar dan jelas sekali dan saya cukup nyaman membacanya. Terlepas dari ukuran bukunya yang kegedean, typo, dsb, saya tetap kasih bintang 5 untuk novel ini. Habis, banyak positifnya yang bisa dipetik sih😀 bukan cuma sekadar novel saja. Tentu saja pembaca diberi tahu apa saja 7 keajaiban rezeki itu plus apa sih yang dimaksud dengan “Warisan Nabi”. Soal galau karier, pernikahan, bisnis, keluarga, semuanya dibahas di sini. Lengkap pokoknya!

Anyway, ini adalah novel Tasaro GK pertama yang saya baca. First impression was amazing.

6 thoughts on “Cerita Ini Asalnya Dari Otak Kanan

  1. wow…. hebat banget reviewnya… bacanya berapa lama tuh? pernah sih aku lihat bukunya… tapi aku malah rada kurang terkesan sama covernya meski nama yang nulis adalah nama yang aku suka lewat Galaksi Kinanthi nya. ^___^
    —-
    Jadi seperti ini.
    Memang Tasaro punya penulisan kaku dan kadang ekspresionisme nya keluar banget. Jadinya prosa dan deskripsi yang berat. tapi dia keren kok sebagai penulis ternama.

    Sekarang aku jadi pengen memberi kesempatan kedua jika kali lain aku menemukan buku ini lagi di toko buku.. ^__^ semoga aja aku bisa nemu quote-quote keren lagi supaya bisa jatuh hati membacanya ^_^

    • bacanya cuma beberapa jam hehe… abisan seru sih

      iya ini tuh novel tasaro pertama yang aku baca. jadi masih adaptasi dgn gaya penulisannya. semoga aja buku2 lainnya juga asik dibaca dan bagus2 quotesnya😀

  2. reviewnya bagus banget mba selv.. saya belum kenal sama penulis ini tapi ngeliat komentar lampumerah sepertinya ni pengarang udah lumanyan dikenal y? saya sendiri kurang suka sama buku2 ipho santosa (karena saya sedikit berotak kiri dan merasa di diskreditkan hha..) tapi kayaknya ni buku worth it buat nyita beberapa jam dalam kehidupan saya untuk membacanya (ceilah..)

    • Tasaro GK ialah penulis yang bagus. Hanya saja, karyanya memang tidak sebooming karya-karya penulis pop jaman sekarang karena Tasaro GK mengusung tema yang sedikit berbeda dengan penulis kebanyakan. Jadi wajar kalau belum banyak yang kenal. Tapi, kalau menyukai buku-buku Indonesia, pastinya tahu Tasaro GK. At least, pernah dengar namanya.

      Semoga Anda suka dengan cara Tasaro GK menyuguhkan cerita otak kanan, tanpa merasa terdiskreditkan, huehehehe…😀

      Salam kenal, makasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak bermutu🙂

Leave a Reply

