Hey, Capricorn!

Kisah Orang-orang Capricorn

Kisah Orang-orang Capricorn

Seri Zodiak: Kisah Orang-orang Capricorn
Ayu Utami, dkk
Kepustakaan Populer Gramedia, 2013
Nonfiksi, Kumcer
Rate 3 of 5

Kalau kamu pikir ini buku non fiksi, kamu salah.
Kalau kamu pikir ini buku yang sepenuhnya memaparkan apa saja karakter seorang Capricorn, lagi-lagi kamu salah.
Kalau kamu pikir ini buku Ayu Utami, kamu tidak salah, hanya sepenuhnya tidak benar juga.

Buku ini adalah kompilasi cerpen beberapa penulis. Penjahit ceritanya tentu saja Ayu Utami yang berperan sebagai –katakanlah– mentor dalam kelas menulis yang diadakan Komunitas Salihara beberapa waktu lalu. Cerita yang ada di dalam buku ini menarik sekali terutama bagi seorang Capricorn seperti saya.

“Kakinya menjejak tanah, tapi matanya membidik ke titik paling tinggi.”

“Kambing gunung tenang dan tahu, gak perlu menjadi elang untuk sampai ke pucuk-pucuk gunung.”

“Kebaikannya adalah ia membumi, bahayanya adalah ia duniawi.”

“Dalam kebaikan atau keburukannya, capricorn adalah sosok yang teguh.”

“Capricorn adalah sosok yang praktis, alih-alih idealis atau pragmatis.”

Buat kalian yang berzodiak capricorn, saat membaca buku ini mungkin rasanya seperti becermin. Mengangguk-angguk mengiyakan bahwa apa yang ditulis sangat capricorn sekali. atau malah bertanya-tanya, “Apa iya capricorn itu begitu?”

Terserah saja😀

Jangan takut dianggap musyrik hanya karena baca buku soal zodiak. Ini bukan ramalan. Ini pengetahuan tentang memahami karakter manusia yang tentu saja tidak bisa ditelan bulat-bulat. Buku ini sangat menghibur.

Buku ini berukuran seperti buku saku. Sangat imut, menurut saya, heheu. Dengan desain kaver yang menarik dan sangat cocok dengan tema zodiak. Hmmm, apa ya, sedikit bohemian dan gypsy mungkin? ;p Well, I know saya sok tahu. Hahaha…

Cerpen di dalam buku ini bisa dikatakan memiliki benang merah. Namun semua kembali kepada pembaca apakah ingin menyatukan benang tersebut atau tidak, rasanya tidak menjadi masalah. Setiap cerpen bisa dinikmati satu-satu tanpa harus menganggapnya saling terkait.

Saya sendiri paling suka cerpen berjudul Gaun Merah Marun karya Meuthia. Cerpen ini bercerita tentang seorang pemuda yang mencintai seorang gadis tidak sempurna (fisik) berzodiak Capricorn namun tidak mendapat restu dari sang ibu. Sekian lama setelah pertemuan si gadis dengan si ibu, sang laki-laki ini tidak pernah terdengar kabarnya. Padahal si perempuan Capricorn ini sangat menanti-nanti jawaban akan hubungan mereka. Penasaran apa yang akan terjadi pada kehidupan gadis Capricorn tersebut? Baca saja :p

Lalu bagaimana dengan cerpen-cerpen Ayu Utami? Ah, sudah tidak usah ditanya. Tulisan Ayu tidak pernah tidak bagus. Atau paling tidak, saya selalu suka. Menghibur dengan humor khas Ayu Utami sekali😀

Banyak penjabaran karakter tentang seorang Capricorn dan saya bisa katakan hampir 100 persen apa yang ada dalam buku ini adalah benar. Jadi mungkin kalau kamu punya gebetan seorang Capricorn, kamu bisa belajar memahami karakternya lewat buku ini.

This one was nice!😉

Saya tidak tahu apakah saya akan membeli seri zodiak lainnya atau tidak. Sejauh ini, tidak minat sih. Bukan karena takut bukunya tidak bagus. Tapi, saya Capricorn. Capricorn tidak terlalu memikirkan orang lain. They pay full of attention to theirself (well, sebenarnya ini karangan saya saja sih) :p

Ciao!

5 thoughts on “Hey, Capricorn!

  1. ahhhh aku sempet liat yang versi sagitarius dan kepingin beli, tapi takutnya garing. ternyata bagus ya sel? cari ah yg sagitarius…uhmmm kalo capricorn itu mengingatkan sama salah satu “hantu masa lalu” sih :p *malah curhat*

    • hahaha
      menurut aku bagus kak astrid
      sesuai sama karakter aku (coincidence?)
      kalau suka sama ayu utami, insyaAllah nyambung sama humornya. ga garing, hehe…

    • jaka! komen kamu masuk ke spam. hahahaha maaf baru ngecek :))
      iya humor yang sarkas. cocok sama selera humorku. hihihihi…

      leo belum ada. ‘kan nungguin agustus dong… kikikik~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s