Bertemu Sapardi

Waktu Kak Harun memberikan info soal Pesta Literasi 2013 yang mengadakan Bincang Seru bersama Sapardi Djoko Damono dan Gol A Gong, saya langsung daftar! Bayangkan, kapan lagi bisa ketemu Sapardi dan Gol A Gong?! Siapa penggiat buku yang tidak kenal mereka berdua? Apa? Ratu Atut? *thuthuk*

Acara tersebut berlangsung dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Agak ngaret. Gapapa. ‘Kan ceritanya nasionalis :hammer:. Lumayan bikin ngantuk, kalau saja nggak ada Mas Epri Tsaqib yang berapi-api dan lucu menceritakan pengalamannya dulu sewaktu kali pertama menerbitkan buku. Banyak sekali peserta diskusi yang hadir, terutama mereka yang memang ingin belajar lebih dalam soal penerbitan buku indie. Saya sendiri, setelah menyimak cerita Mas Epri, terus terang jadi terpacu buat menerbitkan buku sendiri. Inginnya sih buku kumpulan puisi. Hahaha.

Sekitar jam 11-an, Gol A Gong datang. Dengan gaya yang sederhana, Mas Gong tersenyum kepada setiap orang yang ditemui. Dengan memakai penutup kepala –yang bodohnya saya gak tahu apa namanya– Mas Gong terlihat sekali jiwa mudanya, walaupun sekarang usianya sudah 50 tahun. Yang bikin meringis, ketika Mas Gong berdiri di depan meja yang menjual buku-bukunya dan beliau layaknya pedagang berteriak-teriak, “Yuk peserta diskusi, yang mau beli buku saya boleh lho. Sekalian booksigning!” Hihi… Penulis yang unik ‘kan? Bersahaja sekali, saya rasa.

Acara demi acara berlalu. Saya gak ingin menceritakan secara mendetail ada apa saja di Pesta Literasi tersebut. Seingat saya hanya pembacaan puisi yang bikin ngantuk. Maka, nggakpapa deh kalau saya skip. *jahat*

Menjelang jam 4 sore, Pak SDD datang! Hooray! Gayanya sama persis dengan gambar yang suka saya lihat di web. Hahaha. Dengan topi a la Tompi gitu deh. FYI, ini pertemuan pertama saya dengan SDD. Jadi agak grogi gitu *halah*. Dan Pak SDD ini datar sekali ekspresinya, namun tetap ramah kok. Sangat ramah malah. Beliau menjawab semua basa-basi yang ditanyakan peserta diskusi. Hihihi. Acara sudah akan mulai 10 menit lagi namun Pak SDD ini masih sibuk book signing dan foto bersama dengan para fans. Saya pun! Hahaha.

Lalu, acara puncak dimulai. Pak SDD yang dikenal dengan sajak-sajaknya membahas novel trilogi yang baru berjudul Trilogi Soekram. Mas Gong yang dikenal lewat novel, malah membahas buku puisi terbarunya. Wah, gak diduga!

Trilogi Pak SDD ini berisi tiga judul buku yang sinopsisnya Pak SDD ceritakan dengan sangat lucu dan menarik pada waktu itu. Ketiga buku ini berjudul;
– Pengarang Telah Mati
– Pengarang Belum Mati
– Pengarang Tak Pernah Mati

Buku-buku tersebut diterbitkan oleh Penerbit Editum yang mana penerbit itu merupakan kepunyaan SDD sendiri. Uniknya, penerbit itu bukan penerbit yang mungkin Anda bayangkan seperti penerbit indie pada umumnya. Penerbit itu dikelola oleh Pak SDD seorang diri. “Ya nyetak, ya desain sampul, ya nulis, semua saya sendiri,” begitu kata SDD tempo hari.

Nah, sedangkan Mas Gong membahas buku puisi terbarunya berjudul Air Mata Kopi. Saya terpukau dengan alasan Mas Gong memakai judul dan tema tersebut dalam bukunya kali ini.

Oh iya, ada juga Mas Epri Tsaqib yang menerbitkan buku puisi dan buku tersebut berhasil masuk menjadi nominasi KLA tahun 2010-2011 *ah, saya lupa banget, maaf* berjudul Ruang Lengang. Nah, filosofi penamaan judul puisi juga mengagumkan. Duh, penyair tuh memang tercipta buat bikin meleleh ya? *apa sih*

Hal yang sempat dikatakan oleh para panelis kemarin itu adalah;
“Pengarang itu pembual… in a good way”- SDD
“Penulis itu penipu”- Epri Tsaqib

Betul banget! Itulah alasan saya agak curigaan kalo di-PDKT-in sama orang yang jago nulis. HAHAHAHA *ngelantur*

Bersama Sapardi Djoko Damono ^.^

Bersama Sapardi Djoko Damono ^.^

Suasana Panggung

Suasana Panggung

4 thoughts on “Bertemu Sapardi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s