Cosplay Couple

cover luarJudul: Cosplay Couple
Pengarang: Adrindia Ryan
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: Cet. 1; Desember 2013
Ukuran Buku: 210 hlm; 20 cm
Genre: Romance Remaja
Rating: 3/5

Sebelumnya saya mau curhat. Pertama, kenapa saya harus baca buku ini buat siaran sih? Tapi saya tahu saya nggak bisa memilih. Jadi ya saya terpaksa membacanya. Awalnya agak skeptic setiap mau baca buku baru (apalagi judulnya nggak gw banget) yang ditulis oleh penulis baru. Takut jadi malah mencaci maki, takut buang-buang waktu. But thank God, buku ini bisa dibilang lumayan bagus.

Kedua, kenapa tokoh utamanya harus bernama Rio? Digambarkan juga Rio ini suka cosplay pakai kostum kesatria. Terus saya kapan move on nyaaaaa??? *banting buku*

Saya sudah berusaha menukar buku ini dengan uku lain. Tapi ternyata mendapat penolakan. Maka, dengan berat hati saya baca juga buku ini walau sepanjang membaca saya harus fokus membayangkan karakter Rio yang ini bukan yang itu.

Oke sekarang masuk ke review ya.

Buku ini remaja banget. Kurang dari sejam saya sudah menamatkannya. Alurnya lumayan rapi dan bahasa yang digunakan juga bisa dinikmati walaupun tetap khas ABG.

Buku ini memberi info banyak sekali mengenai dunia cosplay. Banyak istilah-istilah jepang yang sudah saya sering dengar tapi saya belum begitu jelas mengetahui apa maksudnya.

Konflik yang dipaparkan sangat remaja sekali yaitu seorang cewek bernama Kia yang menyukai cowok bernama Rio karena karakter yang dibawakan Rio dalam cosplay adalah karakter favorit Kia. Mereka lalu jadian. Well, sebenarnya masih nggak jelas gimana proses jadiannya. Masih aneh menurut saya. Oke, lalu ternyata lama-lama ketahuan bahwa karakter aslinya Rio nggak seperti itu. Sangat bertolak belakang. Hal ini membuat Kia ilfil. Namun saat Kia berencana untuk mutusin Rio. Rio hadir lagi dengan sosok karakter, namanya Klaus, yang sejak awal membuat Kia jatuh cinta. Akhirnya Kia nggak jadi mutusin Rio.

Sampai sini Kia berpikir Rio tetap pasangan yang baik. Mungkin memang dirinya saja yang harus lebih menerima. Maka hubungan mereka pun masih lanjut. Sampai suatu hari Kia melihat Rio bercosplay menjadi seorang wanita! Hal yang paling Kia tidak sukai adalah melihat cowok yang bercosplay cross gender. Karena menurut Kia, cowok nggak seharusnya menutupi sisi kejantanannya dengan menjadi seorang cewek.

Tibalah hari di mana Kia mutusin Rio. Rio merasa terpukul atas permintaan Kia. Lalu dia menanyakan alasan Kia mutusin dia dan Kia bilang dia nggak mau punya pacar yang seperti banci. Sungguh kalimat itu menusuk hati Rio padahal Rio bercosplay seperti itu semua demi Kia. Demi mendapatkan potongan harga atas baju yang dipesan Rio untuk Cosplay Couple di acara selanjutnya. Semua demi Kia dan Kia ternyata malah memutuskan hubungan mereka. Rio pasrah. Tidak menyangka kalau Kia ternyata mencintai karakternya saja, bukan dirinya.

Saya suka konflik yang ringan tai ngena seperti ini. Menye-menye sih tapi penulis menyeret pembaca dengan baik untuk tetap mengikuti ceritanya sampai habis.

Lalu, sedikit hal yang mengganggu. Saya sendiri sibuk bertanya-tanya sebenarnya tokoh utamanya ini berusia berapa, karena memang tidak dijabarkan oleh penulis. Tapi saya menebak-nebak mungkin si Kia ini umurnya sekitar SMP atau SMA. Recommended buat kalian yang suka baca buku dengan tema remaja dan cinta. Khususnya bagi kalian yang memang masih ABG. Hehehe…

Terus ya, ada kesalahan yang lumayan fatal. Di buku saya sih ada kesalahan cetak. Jadi, habis halaman 146 itu masuk lagi ke halaman 131 dst sampai kembali lagi ke halaman 147. Entah ini di buku saya aja atau semua buku juga begini. (soalnya buku saya dapat langsung dari penerbit) ;p

Overall, congrats to Adrindia Ryan sudah mampu menyajikan bacaan dengan tema yang fresh dan orisinil. Btw, ini novel debut apa bukan yah?

3 of 5 stars!

Leave a Reply

