Skripsick: Derita Mahasiswa Abadi

Skripsick: derita Mahasiswa Abadi karya Chara Perdana, Terbit Februari 2014, Penerbit Matahari, 144 Halaman Rating: 2 of 5

Skripsick: derita Mahasiswa Abadi karya Chara Perdana, Terbit Februari 2014, Penerbit Matahari, 144 Halaman
Rating: 2 of 5

Buku ini adalah buku yang kata teman saya adalah buku temannya. Sedang saya meyakini bahwa ini adalah bukunya yang enggan ia akui. Entah apa alasannya. Seperti tokoh utama dalam buku ini yang juga misterius gak mau kasih tahu kenapa dia suka gombalin cewek tak dikenal.

Kisah yang ditulis sih lucu. Namun, saya pernah mengalami hal yang lebih mengenaskan dari si penulis jadi bagi saya buku ini tidak terlalu membawa suasana baru buat saya. Humornya mengingatkan saya pada tulisan Raditya Dika. Tapi tentu penulis masih harus lebih banyak belajar lagi.

Ide ceritanya simpel saja. Mengenai ‘penderitaan’ mahasiswa yang sedang menjalani skripsi. Semua mahasiswa pasti tahu benar bahwa itu adalah hal yang bisa menyebabkan traumatis mendalam. Saya sendiri, misalnya, masih enggan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi karena masih terbayang bagaimana tidak menyenangkannya mengerjakan skripsi itu. #malah curhat

Membaca buku ini seperti melempar pembaca ke masa-masa kuliah dulu. Gimana nyebelinnya dosen-dosen yang suka seenaknya sendiri, gimana nyebelinnya dosen-dosen yang ogah mengaku salah, dan gimana nyebelinnya dosen-dosen yang suka kasih tugas susah-susah. AAAAAKKKKK!!!

Bahkan ada anekdot yang menyebutkan bahwa Tuhan nggak ngasih ujian lebih berat dari yang bisa dipikul hamba-Nya, but my lecture did.

Saya jadi penasaran gimana kalau buku jenis ini ditulis dari sudut pandang dosen. Sebab kalau ditulis dari sudut pandang mahasiswa is so mainstream, bro.

Di sampul depan buku ini ada tulisan “Garansi Ngakak”. Duh, saya malah ga ngakak sama sekali, je. Nyengir pun ndak. Entah karena selera humor saya yang nggak nyandak atau karena memang humor dalam buku ini biasa-biasa saja. Selain bermasalah dengan gaya bercerita, saya juga kurang suka dengan sisipan ilustrasi yang hampir ada di setiap halaman. Ilustrasinya tuh nggak orisinil, menurut saya. Seperti mengambil gambar dari template picture yang ada di Ms. PowerPoint. Big No.

Ditulis dengan gaya bahasa gaul yang ringan dan ngepop bikin buku ini cocok dinikmati kapan saja (duh, kayak slogan biskuit kelapa).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s