7 Kebiasaan Orang yang Nyebelin Banget

Sepintas, buku ini mungkin terlihat seperti buku nonfiksi ecek-ecek biasa. Namun, begitu saya membaca kata pengantar yang ditulis oleh penulisnya, ternyata buku ini ditulis dengan riset dan survey yang bisa dibilang cukup serius.

Dengan melibatkan para followers-nya di Twitter, Henry Manampiring merangkum survey yang dibuat menjadi sebuah buku yang menarik untuk dibaca yang berisi 7 kebiasaan orang yang nyebelin. Beberapa dari kita mungkin suka bergumam atau alih-alih menegur orang yang nyebelin itu, kita malah mengeluh di jejaring sosial yang kita punya. Nah, nampaknya buku ini ingin menyadarkan siapapun bahwa kalau ada orang yang menyebalkan sebaiknya ditegur dan semoga pelaku menyadari bahwa tindakannya itu nyebelin tanpa perlu sikapnya dikonfrontasi oleh korban. Good point.

Membaca judulnya, mengingatkan saya pada buku Stephen Covey yang berjudul 7 Habits of Highly Effective People. Memang penulis mengakui kalau bukunya kali ini terinspirasi dari buku Stephen Covey itu, hanya saja bukunya ini dalam versi yang sedikit lebih ringan. 7 kebiasaan yang dimuat dalam buku ini mencakup 7 kebiasaan nyebelin di kampus/ sekolah, di kantor, di jalan raya/ angkutan umu, di mall/ tempat umum lainnya, di acara keluarga, di socmed, dan saat berpacaran.

Selama membaca saya sepertinya sering mengangguk-anggukkan kepala mengingat betapa yang ditulis dalam buku ini adalah fakta dan kejadian nyata yang sering kita jumpai sehari hari. Misalnya saja ada teman yang suka bertanya di saat jam kuliah hampir habis, atau mungkin rekan kerja yang suka carmuk ke atasan, juga perilaku kampungan para pengguna jalan raya yang seringkali membahayakan semua orang. Banyak kejadian yang saya yakin Anda pasti menyetujuinya bahwa memang buku ini isinya seputar orang-orang yang nyebelin. Harapannya, setelah tahu beberapa kebiasaan nyebelin, kita yang tadinya nyebelin lantas memperbaiki diri untuk tidak lagi bersikap nyebelin. Sebab, menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara sepertinya sulit, so, hayuklah kita cukup menjadi orang yang gak menyebalkan.

Yang membuat buku ini menarik antara lain karena buku ini dicetak dengan beberapa halaman berwarna kuning dan dilengkapi dengan ilustrasi yang apik. O, tentu saja. Sebab ilustrator yang diajak Henry adalah ilustrator kelas mancanegara. Wow! Selain itu, huruf yang digunakan juga tidak membuat mata lelah. Komposisinya ukuran font dengan spasi begitu pas. Terlebih, Henry menggunakan bahasa yang nge-pop dan tidak kaku sehingga membuat buku ini terasa seperti novel.

Keterangan buku:
7 Kebiasaan Orang yang Nyebelin Banget by Henry Manampiring
Penerbit Kompas, April 2014, 224 halaman.
Rating: 4 of 5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s