Ketika Pembaca Mencoba Menulis

Cover Depan created by @iwanhaaa

Cover Depan created by @iwanhaaa

alhamdulillah. finally, terbit juga tulisan saya yang dibukukan. meskipun hanya menyumbang satu cerita pendek dan diterbitkan secara indie, saya sudah luar biasa bersyukur atas kesempatan ini. banyak pelajaran yang bisa saya ambil selama proses penerbitan. apalagi saya dan kesepuluh teman saya yang juga ikutan berpartisipasi dalam penulisan buku ini memiliki karakter yang berbeda-beda membuat saya harus lebih bersabar dalam memahamikeinginan masing-masing. sebab ini buku bersama, bukan hanya persoalan saya pribadi.

buku ini berisi 11 cerita yang ditulis oleh 11 orang. sejak awal kami memang sudah sepakat untuk tidak menggunakan tema tertentu sebab rencana awal pembuatan buku ini hanya proyek senang-senang semata. tapi bukan berarti kami asal-asalan dalam menulis buku ini. segenap waktu dan pikiran benar-benar kami curahkan supaya kelak buku ini layak dibaca, meskipun cerita-cerita di dalamnya cenderung sederhana.

bagi saya pribadi, buku ini semata-mata adalah pembuktian diri pada diri saya sendiri bahwa saya setidaknya bisa menghasilkan suatu karya yang nyata. bukan sekedar curhat-curhat yang sering saya posting di blog pribadi saya, atau sekadar cerpen yang saya tulis di ms word saya tanpa pernah saya berani mengunggahnya ke dunia maya. terima kasih kepada om iwan yang sudah menggagasnya. pokoknya, buku ini salah satu pencapaian terpenting dalam hidup saya.

dibandingkan ayu welirang, dhia citrahayi, ramundro, atau zelie petronela, tentulah saya belum ada apa-apanya. tidak seperti mereka yang sudah menghasilkan banyak buku yang dibaca banyak orang. saya masih harus banyak belajar menulis, membaca, dan berpikir.

meskipun diterbitkan secara indie, buku ini tetap melewati tahap editing yang cukup serius dan juga tahap proofreading. terima kasih untuk kak ayu yudha dan kedua enthu forum buku kaskus alluna maharani dan dani noviandi.

semoga ke depannya saya bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi dan semakin berani untuk menyajikannya ke hadapan orang banyak.

4 thoughts on “Ketika Pembaca Mencoba Menulis

    • oh belum ya? :-O
      yah at least udah jago nulis gituh chei ;p

      iya alhamdulillah akhirnya selesai
      aku jadi semangat baca postinganmu😀

Leave a Reply

