Tinggal Bareng 4 Cowok Ganteng???

Judul Buku: The Chronicles of Audy: 4R Penulis: Orizuka Penerbit: Penerbit Haru Tahun Terbit: Juli 2013 Tebal: 320 halaman Rating: 4/5

Judul Buku: The Chronicles of Audy: 4R
Penulis: Orizuka
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: Juli 2013
Tebal: 320 halaman
Rating: 4/5

Kalau boleh jujur, novel ini sebenarnya sudah menarik hatiku ketika kali pertama terbit Juli 2013 lalu. Namun, berhubung aku belum pernah membaca satu pun karya Orizuka, aku menunda keinginanku untuk membelinya karena tidak ingin berujung kecewa. Lalu makin ke sini rupanya makin banyak yang membicarakan novel ini yang kelak seperti kita semua tahu ada novel lanjutannya. Ah, rupanya penulis bermaksud menjadikan novel ini sebagai serial. Semakin penasaranlah aku ingin membacanya. Tapi tetap aku belum berani membelinya. So tempting. Di sisi lain, teman-teman di sekitarku yang sama-sama suka membaca nampaknya tidak begitu menyukai genre yang ditawarkan penulis sehingga aku cukup kesulitan menemukan orang yang bisa kupinjam bukunya. Hahaha. Shame on me!

Tapi aku percaya akan selalu ada waktu untuk bertemu dengan jodoh(buku)-ku.

Akhirnya aku pinjam buku ini dari Kak Melita yang rupanya fans Orizuka. Well, sebelum baca buku Orizuka, aku bertanya-tanya kenapa sih Orizuka begitu terkenal dan karyanya buanyak buanget dan lumayan banyak yang dicetak ulang dan so on. Aku selalu salut dengan penulis muda yang begitu produktif menulis dan berhasil!

So, this is my first review about Orizuka’s.

Di buku ini, Orizuka menulis cerita tentang seorang gadis berusia 22 tahun bernama Audy yang mengalami krisis ekonomi lantaran “kebodohan” keluarganya. Ia tidak bisa bayar kos, bayar kuliah, dan bahkan ia gak diperbolehkan pulang ke rumahnya sebab itu akan butuh biaya. Mengalami hal ini, Audy bertekad ia gak akan menumpukan kehidupannya pada orangtuanya lagi. Ia harus mencari uang untuk tetap bisa bertahan setidaknya sampai skripsinya selesai.

Suatu iklan lowker sebagai baby sitter di surat kabar membawanya ke rumah 4R; Regan, Romeo, Rex, dan Rafael. Empat laki-laki muda dengan empat kepribadian yang tak jarang bikin Audy stres. Regan, si sulung yang dewasa namun sudah menjadi tunangan perempuan yang sedang koma selama dua tahun. Romeo si mahasiswa baru lulus yang sekarang sedang menganggur bukannya cari kerja malah sibuk main game console. Rex, si penderita asma yang keranjingan belajar. Dan terakhir Rafael, bocah kecil berumur 4,5 tahun yang dewasa sebelum waktunya lantaran asuhan asal dari kakak-kakaknya. Can you imagine that??? Di rumah itu, Audy ternyata gak hanya sebagai baby sitter tapi juga sekaligus pembantu dan koki.

Sehari-hari banyak kekonyolan-kekonyolan yang terjadi yang selalu membuat Audy naik darah. Kadang juga hidup Audy diisi oleh drama yang cukup menyentuh. Plus minusnya tinggal di rumah 4R bikin Audy semakin dekat dengan keluarga ini dan semakin ingin mengenal mereka. Audy penasaran juga seperti apa sih kehidupan mereka ketika masih ada orangtua mereka. Kubilang ini sih drama-comedy. Premis ceritanya mengingatkanku akan tayangan drama-drama Korea yang berisikan tokoh-tokoh dengan karakter yang anti-mainstream dan sarat konflik. Well, sejauh ini, aku sih suka dengan gaya bercerita yang ditulis Orizuka.

Gaya nulis Orizuka ini asik banget. Awalnya agak bosan sih, kesal sama kebodohan keluarga Audy dan ketidakcuhan & keegoisan Audy sama keluarganya. Tapi di akhir cerita ternyata Orizuka menulis sesuatu yang bikin saya senyam-senyum dan pada akhirnya saya merinding terheran-heran dengan buku ini. Klimaksnya terbangun dengan rapi dan endingnya lumayan menyentuh. Jadi tahu deh kenapa dia banyak fansnya dan FYI, 4R ini adalah buku ke-duapuluhnya! Wow… aku bahkan belum menulis buku satupun padahal kayaknya umurku gak beda jauh sama penulis. Oh iya, aku pernah melihat Orizuka di acara Festival pembaca Indonesia 2013 lalu, kalau gak salah.

Dan satu lagi nilai plus dari buku ini tentu saja kaver dan tampilannya yang berbeda dengan buku-buku kebanyakan. Menjadikan buku ini sangat layak untuk dikoleksi. 4 dari 5 bintang untuk 4R!

Leave a Reply

