The Homework Machine

Judul Asli: The Homework Machine Penulis: Dan Gutman Penerbit: Atria, Terbit: Juni 2010 (first published 1st March, 2006) Tebal: 166 Halaman Genre: Children Literature Rating: 3 of 5

Agak mustahil ya ada anak kelas 5 SD bisa bikin mesin PR yang bisa mengerjakan PRnya secara otomatis. Tapi ya berhubung si Brenton ini orang Jepang, bisa sedikit dipahami deh ya.

Brenton benar-benar tipe anak yang susah punya teman. Kalian tahu lah, selalu ada saja anak seperti Brenton di setiap sekolah. Tapi Miss Rassmussen kemudian membuat kelompok belajar di kelas yang terdiri dari Sam Dawkins, Kelsey Donnelly, Judy Douglas, dan Brenton Damagatchi. Mereka kerap disebut D Squad karena nama belakang mereka memiliki inisial yang sama.

Ketiga teman Brenton mulai penasaran kenapa Brenton masih sempat membaca banyak buku padahal PR mereka banyak sekali. Mereka bahkan tidak punya waktu untuk melakukan hobi mereka. Secara tidak sadar, Brenton memberitahu bahwa ia punya mesin PR. Brenton tahu ia bakal dalam masalah besar ketika ia memberitahu teman-temannya. Dan benar saja, ia dalam masalah besar.

Ketiga temannya itu sekarang memang menjadi temannya. Tapi mereka sudah tidak pintar lagi karena tidak pernah belajar karena buat apa belajar kalau ada mesin PR yang akan mengerjakan semua PRmu. Tinggal kau masukkan saja kertas, lalu mesin akan menge-scan PRmu dan beberapa detik kemudian PRmu selesai. Tentu dengan tulisan tangan yang seperti tulisanmu. Pokoknya canggih deh.

Terutama, Miss Rassmussen curiga dengan perkembangan pesat nilai-nilai kelompok Brenton. Padahal Kelsey selalu malas mengerjakan PR. Miss Rassmussen bertanya-tanya apakah Kelsey menjadi benar-benar pintar karena dibentuk kerja kelompok atau karena hal lain? Maka, diadakanlah ujian dadakan di kelas. Dan bisa ditebak dong hasilnya. Hanya Brenton yang mendapat nilai bagus sementara ketiga temannya jeblok semua nilainya. Ya tentu saja itu kan mesin ciptaan Brenton! Ha!

Kabar tentang mesin itu akhirnya mulai banyak diketahui publik setelah seorang anak misterius menelepon polisi bahwa ada mesin PR di dunia ini. D Squad kalang kabut mengetahui rahasia mereka rupanya sudah terbongkar. Buku ini lumayan seru dan gak bikin bosan.

Selain itu ada sedikit kisah misterinya juga yaitu seseorang bernama Milner yang bisa dibilang meneror Brenton. Bisa jadi, dia menginginkan mesin PR itu. Hm… Kira-kira apa yang sebenarnya diinginkan Milner ya?

Baca saja deh pokoknya ^.^

2 thoughts on “The Homework Machine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s