[Event BBI] Secret Santa 2014: The Riddle

Help!!!

From Secret Santa. Love it!

Terima kasih untuk bukunya ya, Kakak Santa… Aku dikasih dua, yeay! Makasih banyak pokoknya. Semoga bisa selesai kubaca dan kureview tepat waktu ya.

Ini adalah Riddle dari Secret Santa saya. Sudah menemukan siapa yang harus dicurigai sih, tapi masih belum yakin 100% soalnya orangnya kayak adem ayem aja sih hahahaha. Nanti deh seiring berjalannya waktu, semoga aku bisa mengetahui arti riddlenya. Gak mungkin kan aku tanya Gollum atau Bilbo sekalipun aku ingin. Sigh…

Santana Lopez ki sopo jal? Marai mumet ae…

Help!!!

Help!!! >,< (maaf gambar buram, dipotret dengan kamera hp seadanya)

Advertisements

Her Sunny Side

Judul Terjemahan: Her Sunny Side Penulis: Osamu Koshigaya Penerbit: Haru Tahun Terbit: April 2013 (First Published 2008) Genre: Romance Tebal: 224 Halaman Rating: 3 of 5

Jodoh datang dalam bentuk, rupa, yang tak pernah kita bisa duga.

Kosuke dan Mao bertemu lagi dalam sebuah urusan pekerjaan setelah 10 tahun lamanya. Keduanya tumbuh menjadi manusia dewasa yang berbeda. Waktu SMP, Mao ini terkenal bodoh banget. Sampai-sampai saya saking gemasnya pengin masuk ke buku dan ikutan membully Mao. Namun, Kosuke justru sabar membimbing Mao belajar sebab ia lelah teman-teman sekelasnya selalu mengejek Mao.

Saking tak disukainya Mao, di sekolah akhirnya tersebar rumor tak enak bahwa Mao ternyata suka jalan-jalan tengah malam sambil telanjang. Kosuke tak percaya dengan rumor itu. Sampai akhirnya Kosuke dan Mao terlibat nostalgia masa remaja. Yah sampai sini ketebak deh jalan ceritanya gimana. Lalu terjalin romansa yang so sweeeeettt.

Singkatnya, Kosuke melamar Mao tapi ditolak keluarganya. Alasannya ya karena Mao punya masa lalu yang tidak enak. Kendatipun Kosuke akhirnya tahu bagaimana masa lalu Mao, toh ia tetap berniat untuk menikahi MAo namun tetap ditentang karena bagaimanapun orangtua Mao tidak ingin merepotkan Kosuke. Akhirnya mereka kawin lari deh. Yah, namanya pasangan muda dimabuk cinta, apapun dilakukan. Tak ada yang bisa menghalangi. Tsah…

Berhubung mereka sudah nikah, ya orangtua Mao mau tak mau akhirnya merestui. Mereka hidup bahagia. Sampai akhirnya sebuah tragedi dialami Mao yang membuat Kosuke terpukul dan itu mengubah hidupnya selamanya.

Saya pengin banget banting buku begitu selesai membacanya. APEU BANGET DAH. Nggak bisa diterima nalar saya. Ya benar kata Mas Iwan buat yang suka bakal suka banget dan buat yang gak suka bakal ngamuk banget. Saya tipe yang kedua, sedangkan doi kayaknya tipe yang pertama. Tipikal tulisan Murakami gitu yang sifatnya absurd. Jangan-jangan di Jepang sana lagi hype genre absurd ya? Sumpah deh bukannya saya gak bisa nangkep tapi emang ceritanya tuh aneh. #ditendangkebulan. Jatuhnya kayak maksa. Untung saja pas di bagian romance-nya agak menghibur dan so sweet.

Bab-bab awal bakal bikin pembaca bertanya-tanya, mau berakhir kayak gimana ini romance antara Mao dan Kosuke. Nah, harus sabar deh soalnya sekitar 10 lembar terakhir misterinya baru mulai terkuak. Terus kenapa ya, cerita Jepang kebanyakan yang saya baca atau tonton, cowoknya pasti cool, kalem, sedangkan ceweknya nyeleneh. Ya, termasuk Her Sunny Side ini.

Meskipun buku ini terjemahan, saya sama sekali gak merasa kesulitan membacanya. Good interpreter. Covernya pun adem dilihat.

Mencintai Diam-diam

Judul Asli: I Sneak a Look at Him Everyday Komikus: Yu Hyun-Suk Penerbit: NouraBooks Tahun Terbit: Juli 2014 Tebal: 165 Halaman Full Colour Genre: Komik Drama Komedi Rating: 3 of 5

Suatu hari saya suntuk dan ingin pergi ke bioskop. Apa daya saat itu sedang bokek-bokeknya. Tapi keinginan menonton saya tidak surut. Alhasil saya main ke kosan Kak Ayu, lalu di sana ada Kak Bujenk yang rupanya punya DVD Korea. Jadilah saya menonton drakor itu. Tapi yah tahu sendiri kan drakor itu kalau ditonton sampai episodenya habis bisa memakan waktu sampai 16 jam! Gak mungkin dong saya nonton selama itu? Saya akhirnya hanya nonton beberapa jam. Premis utamanya menarik banget. Tentang seorang cewek yang menjadi penyendiri lantaran masa lalunya. Dia gak suka bertemu orang, gak suka menerima telepon, gak suka komunikasi deh pokoknya. Pekerjaannya adalah seorang penulis. Nah, cewek ini tinggal di apartemen dan selama beberapa tahun dia tinggal itu dia gak pernah kenal tetangga-tetangganya, saking introvertnya, saking traumanya. Somehow saya juga pengin punya hidup kayak si cewek ini. Namanya Go Dok MI. Eh, serius jangan ketawa. Memang itu namanya kok.

Lalu, apa maksudnya saya cerita soal drakor di blog buku?

Hm, begini. Yang akan saya review adalah komik, yang entah diadaptasi dari drakor itu (atau sebaliknya?) Nah, seperti hal lain yang suka diadaptasi, tentunya banyak penyesuaian di sana sini. Kalau di komiknya ini, Go Dok Mi berprofesi sebagai ilustrator buku anak, bukan penulis. Lalu juga gak ada tetangga cowok ganteng di sebelah apartemennya. Tapi secara content sih masih sama. Juga kalau di drama kita jarang melihat Park Shin Hye (pemeran Go Dok Mi) bicara banyak. Tapi kalau di komik ini dia lumayan banyak ngomong.

Go Dok Mi ini gak suka berurusan dengan dunia luar. Suatu hari dia gak sengaja melihat seorang laki-laki di apartemen di seberangnya. Sejak saat itu kehidupannya jadi sedikit lebih berwarna. Dia bahkan mengikuti gaya hidup si laki-laki ini. Dia mencatat kapan si cowok berangkat dan pulang kerja, apa yang dia makan saat sarapan, dsb. Fanatik gitu lah singkatnya. Sampai ada satu orang cowok lagi yang tinggal bersama laki-laki itu, menyadari bahwa Go Dok Mi mengintai apartemen mereka! Go Dok Mi dituduh psikopat, orang gila, dsb. Tapi entah kenapa, karena sifat si cowok bocah yang SKSD ini, hubungan mereka jadi dekat. Go Dok Mi akhirnya bisa “dilihat” oleh laki-laki yang disukainya diam-diam itu.

Komik yang saya baca baru sampai volume 2. Sepertinya sudah ada volume 3 tapi saya belum melihatnya di toko buku. Ceritanya belum ada endingnya tapi kalau lihat drakornya bisa ketebak lah bakal seperti apa. Oh iya di buku ini juga belum dijelaskan kenapa Go Dok Mi jadi pendiam begitu. Kalau di drakornya sih sudah.

Komik ini full colour lho. Makanya harganya lumayan bikin mikir buat beli. Hehehe. Kalau saya sih dapat gratis dari bookswap IRF 6-7 Desember kemarin. Memang sudah niat baca, namun karena harganya bikin wow, akhirnya pending. Eh jodoh gak ke mana, saya bisa swap buku lama saya dengan komik ini. Buku yang saya swap juga buku teman saya sih. Hahaha!

Terus ya, soal ilustrasi. Hm, gambarnya biasa saja. Kayak digambar dengan asal-asalan. Maksudnya gak detail gituh. Terlepas dari itu gaya komikusnya atau bukan, ya terasa kurang saja pokoknya. Tapi so far lucu dan menghibur kok. Layak dibaca dan dikoleksi 😀