The Ghost Bride: Lebih Sulit Dari Pertanyaan “Kapan Kawin?”

Judul Asli: The Ghost Bride – Judul Terjemahan: Pengantin Arwah – Penulis: Yangsze Choo – Penerjemah: Angelic Zai Zai – Penerbit: Qanita – Tahun Terbit: 2014 – Tebal: 486 Halaman – Rating: 3 of 5

Judul postingan di atas rasanya tepat mengingat pertanyaan “kapan kawin?” tidak seberapa ngeri dibandingkan dengan permintaan seorang ayah yang meminta anaknya untuk menikah dengan arwah. Coba bayangkan!

“Pada suatu malam, ayahku bertanya apakah aku mau menjadi pengantin arwah.” – hal. 9

Li Lan, seorang perempuan China berusia 18 tahun, sedang berada dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Ia sejak kecil ternyata telah dijodohkan dengan seorang laki-laki dari keluarga Lim yang kaya raya. Seingat ayah Li Lan, ia dijodohkan dengan keponakan Tuan Lim yang bernama Tian Bai, bukan Lim Tian Ching, yang sekarang sudah menjadi arwah. Rupanya ada kesalahpahaman yang disengaja, mengingat kondisi finansial keluarga Li Lan juga sedang di ambang kehancuran. Li Lan berusaha mati-matian membatalkan pernikahan dengan arwah Lim Tian Ching hingga ia terjebak di Dunia Akhirat dan saat ingin kembali, ternyata tubuhnya sudah ada yang menghuni. Roh perempuan bernama Fan, yang tak lain adalah teman Li Lan saat di Padang Arwah. Tetapi, Amah (pengasuh Li Lan sejak kecil) tahu bahwa Li Lan bukanlah Li Lan. Ia memanggil medium untuk mengusir Fan. Sementara Li Lan terperangkap di Padang Arwah, mencoba mengungkap misteri keluarganya, dibantu Er Lang, yang juga punya misi khusus terkait Lim Tian Ching.

Dibuka dengan kalimat yang mencengangkan, mengingatkan saya pada Metamorfosa karya Franz Kafka. Eka Kurniawan juga pernah menulis dalam blog pribadinya bahwa kalimat pertama adalah kunci dari isi. Maka, bisa saya katakan, Yangsze Choo berhasil melakukannya.

Mungkin agak geli membayangkan bagaimana mungkin manusia menikah dengan arwah. Rasanya hanya orang gila saja yang sudi melakukannya. Tapi, lewat buku ini kita tidak diminta untuk berpandangan demikian. Bagaimanapun pada masa lalu pernah ada tradisi menikah dengan arwah karena tujuan tertentu, misalnya demi ketenangan sang arwah, dan alasan-alasan tradisional lainnya. Baru-baru ini saya juga menonton drama Korea berjudul “Master’s Sun” yang dibintangi oleh Akang saya So Ji Sub. Dalam drama tersebut rupanya masih ada pernikahan arwah, hanya saja yang dinikahkan adalah arwah dengan arwah. Unbelieveable, rupanya masih ada hal-hal macam itu di dunia serba modern begini, ya.

Terlepas dari segala keheranan saya dengan konflik utamanya, buku ini sangat memberikan informasi seputar tradisi orang-orang China pada masa dulu, yang saya yakin sampai sekarang beberapa tradisi masih dipertahankan karena alasan tertentu. Sangat menarik untuk diketahui, meski buku ini masuk kategori buku fiksi fantasi.

Dengan latar belakang daerah Malaka tahun 1893, buku ini seperti mesin waktu yang mengantarkan saya ke masa itu. Padang Arwah dan Dunia Akhirat mengingatkan saya dengan sinema Kera Sakti yang pernah diputar di salah satu televisi swasta nasional beberapa tahun silam.

Menggunakan sudut pandang orang pertama tunggal dengan kata ganti “aku”, yaitu Li Lan. Alurnya konstan maju, dengan sedikit demi sedikit rahasia keluarga Li Lan mulai terkuak.

Di buku ini tidak ada satu pun tokoh yang suka. Tian Bai itu nggragas, Amah baik hati tapi bawel, Lim Tian Ching egois, Er Lang sok iye, Li Lan menye-menye, yah pokoknya begitu dah.

Terjemahannya sangat baik dan rapi. Hampir tanpa typo. Hanya saja kualitas kertasnya kok kasta paria sekali rasanya. Tapi font type dan size-nya tidak masalah kok. Masih nyaman dibaca.

Nah, bagi kalian yang mencari referensi tentang pengetahuan budaya China dengan cara yang fun, buku ini tentu bisa dijadikan pilihan. Nama-nama tokohnya, meskipun banyak, namun mudah diingat sehingga tak akan mengurangi kenikmatan membaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s