Me Before You (Dirgahayu, BBI!)

PicsArt_1428808357127

Percayalah ini bukan postingan review salah satu bukunya Jojo Moyes. Tapi tentu judulnya gak menipu seperti headline di koran-koran kok. This is my story.

Hari ini BBI ulang tahun. Aku akui belum banyak di sekitarku yang tahu apa itu BBI. Bahkan rekan-rekan di beberapa komunitas buku lain juga kadang masih bertanya “BBI itu apa?” ketika kubilang aku member BBI. Tak hanya BBI saja, bahkan beberapa juga gak tahu apa itu Goodreads, padahal ngakunya dari komunitas pembaca buku. Hm, sejak itu saya simpulkan, mungkin bukan komunitasnya yang kurang terkenal tapi memang orang-orang di luar saja yang kurang gaul. #digamfar

Ya, habis gimana enggak. Dibandingkan dengan komunitas buku lain yang aku ikuti, (sorry ya jadi membandingkan, tapi semoga in a good ways ya, gak ada maksud merendahkan pihak mana pun) anggota-anggota BBI itu berdedikasi sekali (walaupun gak semuanya). Rajin bikin event dan sekalinya bikin event gak pernah setengah-setengah, gak pernah kayak “ya udahlah toh ini event pertama, apa adanya aja, kalau jelek, orang juga pasti maklum.” Nope! BBI gak pernah begitu. Dalam setiap kesempatan, BBI selalu berusaha yang terbaik. Kalaupun nanti hasilnya gak sesuai, bukan berarti itu karena BBI gak usaha maksimal. Sebab gimanapun, Tuhan yang menentukan. Tapi, alhamdulillah-nya, gak pernah ada masalah yang cukup berarti selama BBI menggelar event, dan jangan sampe ya. Aamiin. Itu salah satu contoh kesolidan BBI.

Anggota-anggotanya juga beneran blogger. Segala macam diposting, selama itu berhubungan dengan buku. Aku salut. Mengingat aku gak bisa jadi host event bla bla bla. Kayaknya aku blogger karbitan, heheheu.

Awal masuk BBI juga gak yakin bisa konsisten posting review. Dan tadinya gak kepikiran sama sekali buat nulis review sehabis baca. Sempat mikir “Buat apa to kita nulis review? Emang bakal ada yang baca gituh? Emang bakal ada yang peduli sama penilaian gue?” sampai akhirnya ada seseorang bilang menulis review itu memberikan feedback buat penulis, penerbit, dan pembaca lainnya. AHA! Benar juga ya. Akhirnya aku mulai gabung BBI. Orang-orang di dalamnya itu tipikal becandanya beda ama aku (faktor umur kali ye), jadi aku agak kalem kalau di BBI. Hahahahaha! #sungkemsamasesepuh

Setelah gabung BBI, bisa kenal kakak-kakak dan teman-teman semua. Yah, kadang suka dapat ilmu parenting juga. Lain waktu dapat bahasa gaul ala remaja. Wakakak. Genre juga jadi berkembang. Terutama yang tadinya malas baca buku terjemahan, sekarang si otak justru nagih baca buku terjemahan, mengingat buku-buku indo monoton aja rasanya buatku akhir-akhir ini. Lagipula sekarang juga sudah banyak penerjemah yang bagus dan cakep (terjemahannya, bukan orangnya #plaaakkk).

Di BBI, juga bisa temenan sama penulis, editor, dan orang-orang yang bekerja di bidang penerbitan maupun yang gak sama sekali. Komplit deh. Khasanah (gileee bahasa gueee) membaca jadi semakin luas dan berkembang. Tadinya kupikir genre itu cuma ada misteri, romance, dongeng. Ternyata ada juga YA, Sci-fi, dystopia, dan lain sebagainya. Wuah! Selain itu, entah harus senang atau sedih, aku jadi selalu update soal diskonan buku! Jadi pas ada pameran buku semacam sudah gak terlalu excited. Biasa saja nanggepinnya ya karena gabung di komunitas bikin saya selalu update info diskonan. Jadi gak harus nunggu pameran! Hahahahahiks #marimenimbun

BBI alhamdulillah hari ini telah mencapai usianya yang ke-4. Aku gabung BBI tahun 2012, berarti sekitar 3 tahunan ya aku di BBI. Membernya makin banyak, kalau dibikin MLM mungkin sudah bisa dapat kapal pesiar kali ya. Hahaha! BBI makin hari makin eksis terbukti dengan adanya cabang BBI yaitu BBI versi regional (BBI Jabo, Jolgosemar, dll) juga ada BBI Kroya, BBI Hayday, hahaha… seru deh jadi bisa mengakomodir hobi-hobi lain selain membaca.

Jadi, masih bisa bilang “membaca itu membosankan”?

8 thoughts on “Me Before You (Dirgahayu, BBI!)

Leave a Reply

